Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Akui Melambatkan Video di Browser yang Pakai Ad Blocker

Kompas.com - 23/11/2023, 09:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube kian gencar memberantas praktik penggunaan alat blokir iklan alias ad blocker di platformnya. Selain melarang penggunaan ekstensi adblock, YouTube ternyata juga membuat pemutaran video jadi lebih lambat dimuat, alias delay selama lima detik.

Dalam praktinya, sejumlah pengguna menemukan bahwa ketika hendak memutar video di YouTube, terjadi delay selama lima detik sebelum video akhirnya tayang.

Selama waktu jeda itu, tampilan YouTube tampak blank alias tak menampilkan apa pun seperti gambar di bawah ini.

Tampilan Youtube ketika delay sebelum memutar videovk6_ Tampilan Youtube ketika delay sebelum memutar video

Namun kendala itu sebagian besar dialami oleh pengguna yang membuka YouTube lewat peramban Mozilla Firefox atau Microsoft Edge. Ketika diakses lewat Chrome, tidak ditemukan masalah tersebut.

Baca juga: YouTube Makin Galak, Video Diblokir bila Tak Tonton Iklan atau Langganan Premium

Menurut YouTube, praktik itu memang sengaja dilakukan perusahaan sebagai bagian dari upaya mendorong pengguna mengaktifkan iklan atau tidak memakai ad blocker.

"Kami mendorong pemirsa yang mengaktifkan pemblokir iklan agar mengizinkan iklan di YouTube atau mencoba YouTube Premium, sehingga mendapat pengalaman bebas iklan," kata pihak YouTube, dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Kamis (23/11/2023).

YouTube juga bilang bahwa penggunaan ad blocker akan membuat tampilan video di platformnya kurang optimal, apa pun browser-nya. Jadi, pengalaman delay juga bakal dialami oleh pengguna yang akses YouTube dari Chrome bila memasang adblock.

Sebelumnya sejumlah pengguna melaporkan bahwa pemutaran video di YouTube jadi lebih lambat dari biasanya. Salah satu pengguna yang melaporkan masalah itu yakni vk6_ di forum Reddit.

Awalnya Firefox diduga memiliki bug. Namun ternyata setelah ditelusur, kode JavaScript YouTube di desktop memang memuat delay. Hal ini menunjukkan bahwa praktik delay-nya memang disengaja, bukan karena bug di browser.

Perlu dicatat bahwa delay di video YouTube tidak dialami oleh semua pengguna browser, melainkan hanya sejumlah pengguna saja.

Baca juga: 20 Video YouTube Paling Banyak Ditonton Sepanjang Masa

Blokir video kalau tak tonton iklan

Awal bulan ini YouTube memblokir video ketika mendeteksi pengguna memakai ad blocker di perangkatnya. Hal ini dikonfirmasi oleh manajer komunikasi YouTube Christopher Lawton dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada sebuah media di AS.

"YouTube memperluas upayanya untuk menindak pemblokir iklan. Platform ini telah meluncurkan upaya global untuk mendorong pengguna mengizinkan iklan atau mencoba YouTube Premium," kata Lawton saat itu.

YouTube beralasan, iklan mendukung beragam ekosistem pembuat konten secara global dan memungkinkan miliaran orang mengakses konten favorit mereka di YouTube secara gratis.

Bila tak mau menonton iklan, pengguna bisa berlangganan YouTube Premium. Dengan begitu, konten kreator akan tetap mendapatkan uang dari langganan pengguna.

Pengguna yang terdeteksi menggunakan ad blocker akan melihat jendela video pemberitahuan berwarna hitam bertajuk "Ad blocker melanggar syarat penggunaan layanan YouTube". Pada titik ini, pengguna tidak bisa menonton video YouTube.

Jendela yang muncul bila pengguna terdeteksi menggunakan ad blocker ketika menonton video YouTube.The Verge Jendela yang muncul bila pengguna terdeteksi menggunakan ad blocker ketika menonton video YouTube.

Di dalam pemberitahuan, YouTube mengatakan bahwa video diblokir, kecuali pengguna mematikan fitur ad blocker dan mengizinkan iklan. YouTube mengarahkan pengguna mencoba layanan berlangganan YouTube Premium untuk menikmati nonton YouTube tanpa terganggu iklan.

Di paling bawah, pengguna bisa mengeklik opsi "Allow YouTube Ads" untuk melanjutkan menonton video dengan iklan. Atau opsi "Try YouTube Premium" untuk menonton video tanpa iklan, tapi membayar biaya langganan per bulan.

Baca juga: Fitur YouTube Ini Semula Hanya di iOS, Kini Tersedia di Android

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com