Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Salah Mengetik Sering Disebut “Typo”? Begini Penjelasan Artinya

Kompas.com - Diperbarui 28/11/2023, 10:47 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Kata typo telah menjadi bahasa gaul yang berkaitan dengan dunia teknologi, yang bisa dibilang sangat populer dipakai saat ini. Sebagian besar dari Anda mungkin juga aktif terlibat untuk menggunakan kata ini dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Arti Tanda Titik Koma atau “Semicolon” yang Sering Dibagikan di Medsos, Jangan Remehkan

Sebagaimana cukup umum diketahui, dalam kehidupan sehari-hari, kata typo sering dipakai untuk merujuk adanya tindakan kesalahan dalam mengetik sebuah kata. Misalnya, kata yang seharusnya ditulis “teh”, tetapi malah menjadi “the”.

Kesalahan pengetikan semacam itulah yang umum disebut dengan typo. Kata typo saat ini tampaknya telah mewakili penyebutan tindakan kesalahan pengetikan. Di sisi lain, meski sudah sering dipakai, tahukah kenapa salah mengetik sering disebut typo?

Apa yang dimaksud dengan typo, sehingga kata tersebut dipakai untuk menyebut kesalahan pengetikan? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai arti typo.

Baca juga: Arti Istilah Adu Mekanik yang Kerap Muncul di Game Mobile Legends

Arti typo

Typo pada dasarnya bukan termasuk dalam kosakata bahasa Indonesia, melainkan bahasa Inggris. Dikutip dari kamus bahasa Inggris Merriam Webster, arti typo merujuk pada kependekan dari istilah typographical error.

Secara harfiah, sebagai kependekan dari typographical error, arti typo adalah kesalahan dalam mengetik ejaan. Dalam bahasa Indonesia, typo sejatinya memiliki padanan kata, yakni saltik atau salah tik.

Istilah salah tik juga memiliki arti yang sama seperti typographical error. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia IV, saltik diartikan sebagai kesalahan menekan tombol papan tik yang mengakibatkan salah ejaan.

Berdasarkan kedua pengertian di atas, typo tidak merujuk pada kesalahan pengguna yang tidak mengetahui ejaan yang benar dari sebuah kata. Dalam typo, kesalahan pengetikan ejaan muncul lebih karena pengguna salah menekan tombol saat mengetik.

Baca juga: Arti Kata “Red Flag”, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Twitter dan TikTok

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai arti typo yang sejatinya merupakan kependekan dari typographical error atau kesalahan dalam proses mengetik ejaan untuk merangkai sebuah kata, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com