Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Bisa Pakai Chip Buatan Amerika, Rusia Beralih ke Produk China

Kompas.com - 28/11/2023, 10:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat sistem operasi berbasis Linux asal Rusia, yakni Basalt SPO, kini beralih dan mendukung chip buatan China untuk sistem operasi besutannya.

Hal ini disebabkan karena pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) karena invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 lalu. Pembatasan tersebut berbentuk pelarangan memakai berbagai teknologi, termasuk chip yang dibuat oleh perusahaan asal AS.

Dalam pengumuman terbaru yang dirilis di blog resmi mereka (berbahasa Rusia), Basalt SPO mengatakan bahwa sistem operasi AltOS yang dibuat, kini mendukung chip buatan Loongson asal China yang memiliki arsitektur LoongArch64.

Ini merupakan pertama kalinya sistem operasi atau OS buatan Rusia mendukung, bisa dipasang, dan berjalan di perangkat dengan chip buatan China. Sebelumnya, AltOS hanya bisa dipakai di berbagai perangkat dengan chip buatan perusahaan asal AS, seperti Intel dan AMD. 

Chip Loongson sendiri merupakan opsi atau alternatif lain yang bisa dipilih Basalt SPO untuk menjalankan AltOS. 

Loongson sendiri sebenarnya sempat memblokir ekspor chip buatan mereka ke Rusia pada akhir 2023 lalu. Namun, blokir tersebut belakangan dicabut, sehingga aneka perusahaan Rusia kini bisa memakai chip buatan Loongson.

Baca juga: Kalahkan Intel dan TSMC, Nvidia Jadi Perusahaan Chip Terbesar

Nah, komputer atau perangkat dengan chip LoongArch64 yang nantinya dipasang sistem operasi AltOS ini, akan memiliki sejumlah aplikasi bawaan yang biasa ditemui di berbagai komputer dengan OS berbasis Linux lainnya.

Beberapa di antaranya seperti peramban (browser) internet Mozilla Firefox, software unguk mengedit gambar GIMP, aplikasi produktivitas LibreOffice, dan lain sebagainya.

Versi awal AltOS yang mendukung LoongArch64 kini sudah bisa diunduh. Namun, versi stabil (stable) dari OS tersebut akan tersedia mulai awal 2024 mendatang. 

Saat ini, Basalt SPO mengatakan bahwa para pengembang aplikasi AltOS sudah beradaptasi dan mengotak-atik (porting) aplikasi mereka supaya bisa berjalan di chip LoongArch64. Hal ini konon dilakukan selama sembilan bulan belakangan.

Basalt SPO tidak mengumbar apa sebenarnya alasan mereka kini beralih ke chip buatan China. Mereka juga tak mengungkap apakah AltOS akan mendukung chip buatan perusahaan lain di China atau di luar China atau tidak di masa depan.

Baca juga: Gara-gara Larangan AS, Harga Nvidia GeForce RTX 4090 Meroket di China

Namun yang jelas, dukungan AltOS untuk chip buatan Loongson akan membuat Rusia semakin terlepas dari ketergantungan dan teknologi buatan negara-negara barat, salah satunya seperti AS.

Selain itu, pemanfaatan chip Loongson juga memungkinkan AltOS bisa dipasang atau berjalan di berbagai jenis komputer, mulai dari laptop hingga server, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TomsHardware, Selasa (28/11/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com