Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Oppo Car Charger 80W, Isi Baterai HP 30 Menit di Mobil

Kompas.com - 01/10/2023, 14:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo memiliki aksesori pengisi daya (charger) ponsel yang dinamai Oppo Car Charger 80W. Seperti namanya, aksesori ini bisa dipakai sebagai adapter untuk mengisi daya di dalam mobil dengan daya hingga 80 watt.

KompasTekno berkesempatan untuk menguji dan mengulas aksesori Oppo ini selama beberapa hari. Aksesori ini sendiri kami gunakan bersama dengan ponsel Oppo Reno 10 Pro Plus yang mendukung teknologi pengisian cepat hingga 100 watt.

Hasilnya, kami bisa menyimpulkan bahwa Oppo 80W Car Charger memang aksesori yang bisa memudahkan penggunanya, terutama mereka yang sibuk dan tak memiliki waktu banyak untuk mengisi daya ponsel, baik itu di rumah atau di kantor.

Mudah digunakan

Sama seperti car charger pada umumnya, Oppo Car Charger 80W dibekali dengan beberapa konektor pin untuk menghantarkan daya dari mobil ke perangkat yang ingin diisi dayanya.

Baca juga: Oppo Rilis Charger Mobil dengan SuperVOOC 80 Watt di Indonesia

Penggunaan Oppo Car Charger 80W ini juga cukup mudah, yaitu dengan cara mencolokkan aksesori tersebut ke lubang lighter yang ada di mobil pengguna.

Biasanya, lighter terletak di bagian tengah bawah interior mobil di bagian depan, tepat di sekitar tuas transmisi.

Ilustrasi pengisian Oppo Reno 10 Pro Plus pakai Oppo 80W Car Charger.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi pengisian Oppo Reno 10 Pro Plus pakai Oppo 80W Car Charger.

Setelah dicolokkan, pengguna langsung bisa melakukan pengisian daya melalui konektor yang tersedia, entah itu dari konektor USB-C maupun USB-A.

Nah, ketika sudah dicolokkan ke dalam lighter, lampu indikator bagian depan Oppo Car Charger 80W akan menyala biru. Lampu ini berfungsi sebagai indikator bahwa aksesori pengisi daya tersebut sudah siap dipakai untuk mengisi daya perangkat.

Meski demikian, lampu ini bersifat statis saja, alias memiliki satu warna dan tidak menyala atau berkedip.

Baca juga: 4 Langkah Membersihkan Kabel Charger HP yang Kusam dan Kotor

Namun, lampu yang menyala terus-menerus ini bisa berfungsi untuk menerangi dan mempermudah pengguna untuk melakukan pengisian daya ponsel, terutama ketika mobil sedang berjalan dan lampu mobil dalam keadaan mati.

Cas dalam 30 menit

Masuk ke pengalaman pengisian daya, Oppo Car Charger 80W bisa dibilang mampu mengisi daya ponsel dengan waktu yang cukup singkat.

Pada Oppo Reno 10 Pro Plus kami, baterai ponsel yang berada di status sekitar 10 persen bisa terisi ke angka 80 persen dalam waktu sekitar 30 menit. Sementara untuk ke angka 100 persen, pengisian daya membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Ilustrasi Oppo 80W Car Charger.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Oppo 80W Car Charger.

Untuk mengetahui apakah ponsel betul-betul diisi menggunakan teknologi pengisian cepat 80 watt, layar ponsel akan menunjukkan tulisan "SuperVOOC", di mana ponsel sedang diisi baterainya menggunakan teknologi pengisian cepat tersebut.

Dengan kata lain, jika pengguna tak mendapatkan tulisan SuperVOOC di layar ketika sedang mengisi daya, maka mereka kemungkinan tak akan mendapatkan pengalaman isi daya cepat maksimal.

Untuk mengatasi hal ini, pengguna bisa menggunakan kabel pengisi daya berbeda, atau melakukan pengisian daya melalui konektor USB-A di Oppo Car Charger 80W.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com