Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OpenSignal: Telkomsel Opsel Terbaik untuk Main Game di Jaringan 5G

Kompas.com - 22/11/2023, 17:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber OpenSignal

KOMPAS.com - Lembaga riset pengalaman dan jaringan seluler global, OpenSignal merilis laporan terbarunya bertajuk "5G Global Mobile Network Experience Awards 2023".

Isinya soal nama-nama operator seluler global yang memberikan pengalaman ketersediaan 5G terbaik, kecepatan unduh 5G terbaik, pengalaman game 5G terbaik, hingga pengalaman menonton video 5G terbaik secara global.

Laporan ini menggunakan data yang diambil dari 1 Januari hingga 29 Juni 2023. Nah, Telkomsel menjadi satu-satunya operator seluler asal Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

OpenSignal menobatkan Telkomsel sebagai salah satu "5G Global Leader 2023" untuk kategori Pengalaman Game 5G di Grup 1.

Baca juga: 5G In The Box Telkomsel, Solusi Jaringan Privat di Mana Saja

Grup 1 terdiri dari operator di pasar dengan luas wilayah lebih dari 200.000 kilometer persegi, yang berisi lebih dari 50 operator seluler di negara Indonesia, Malaysia, China, Selandia Baru, Australia, India, Jerman, Norwegia, Finlandia, Swedia, Brazil, Italia, Amerika Serikat, Jepang, dan masih banyak lainnya.

Dari Indonesia, selain operator pelat merah Telkomsel, operator seluler yang masuk Grup I adalah Indosat dan XL.

Untuk "5G Global Leader" kategori Pengalaman Game 5G, Telkomsel berada di peringkat ketiga dengan skor pengalaman gaming 5G sebesar 87,6 poin pada skala 100-poin.

Peringkat pertama dan kedua dihuni oleh Celcom dan U Mobile. Kedua operator asal Malaysia itu mendapatkan skor sebesar 89,3 poin dan 88,3 poin.

Ilustrasi main game Genshin Impact di Samsung Galaxy Z Fold 5.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi main game Genshin Impact di Samsung Galaxy Z Fold 5.
Di atas predikat "5G Global Leader 2023" masih ada predikat "5G Global Winner 2023" untuk kategori 5G Games Experience.

Adapun pengalaman terbaik saat memainkan game mobile di jaringan 5G dirasakan oleh pelanggan operator seluler (opsel) Digi Malaysia dan SoftBank Jepang dengan skor masing-masing 90,2 persen dan 89,7 persen.

Baca juga: Main Game dan Streaming Video 4K Pakai 5G Telkomsel di Sirkuit MotoGP 2022 Mandalika, Sekencang Apa?

Untuk Grup II, predikat "5G Global Winner 2023" kategori 5G Games Experience diberikan kepada Singtel Singapura dengan skor 93,7 persen.

Lalu, StarHub Singapura, csl Hong Kong, dan M1 Singapura menjadi tiga operator teratas yang mendapatkan predikat 5G Global Leader Grup II.

Seluruh 5G Global Winner 2023 dan 5G Global Leader 2023 untuk kategori 5G Game Experience dalam Grup I dan II mencapai peringkat tertinggi, yakni Luar Biasa (excellent) dengan skor 85 poin atau lebih.

Artinya, mayoritas pengguna menganggap pengalaman bermain game di jaringan internet generasi kelima opsel dalam daftar ini dapat diterima. Hampir seluruh responden merasakan pengalaman bermain game yang cepat, hampir tanpa delay.

Ilustrasi kecepatan internet. DOK. Freepik/andranik.h90. Ilustrasi kecepatan internet.
Laporan "5G Global Mobile Network Experience Awards 2023" dari OpenSignal ini juga merinci daftar operator seluler global dengan kategori lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com