Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Kini Bisa Kirim Pesan Suara Rahasia, Bisa Terhapus Otomatis

Kompas.com - 08/12/2023, 11:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fitur pesan suara rahasia WhatsApp (WA) akhirnya resmi diumumkan. Perusahaan yang kini di bawah naungan Meta itu menyatakan bahwa pengguna sudah bisa memakai fitur pesan suara alias voice note yang bisa terhapus sendiri secara otomatis.

Fitur ini didasarkan pada fitur pesan sekali lihat (View Once) yang selama ini bisa dipakai untuk pesan media, termasuk foto atau video.

Nah, sekarang pesan suara juga bisa diatur sebagai pesan sekali lihat. Jadi, setelah pesan suara terkirim dan didengar penerima, pesan itu akan terhapus otomatis.

"Kami mengumumkan bahwa Anda sekarang bisa mengirim pesan suara yang akan hilang setelah didengar," kata WhatsApp dikutip KompasTekno dari blog resmi WhatsApp, Jumat (8/12/2023).

Baca juga: WhatsApp Bisa Kirim Foto/Video Ukuran Asli, iPhone Kebagian Duluan

Menurut WhatsApp, fitur ini bisa dipakai pengguna misalnya ketika perlu membacakan detail nomor kartu kredit, atau ketika membahas rencana kejutan bagi kerabat maupun informasi sensitif lainnya yang bersifat rahasia.

Seperti pesan sekali lihat untuk foto/video, pesan suara dalam mode ini juga akan muncul di aplikasi dengan ikon yang sama, yaitu ikon lingkaran disertai angka "1" di tengahnya.

WhatsApp mengeklaim pesan suara rahasia ini dilindungi enkripsi end-to-end secara default, sehingga tidak mudah terbaca oleh penjahat siber.

Pesan suara rahasia akan digulirkan WhatsApp secara global dalam beberapa hari mendatang.

Adapun fitur ini sudah dikembangkan WhatsApp beberapa bulan lalu. Hal ini terungkap lewat pembaruan WhatsApp Android beta versi 2.23.22.4 dan di iOS versi 23.21.1.73 (beta), seperti dibagikan situs yang kerap membocorkan fitur WA, WABetaInfo Oktober lalu.

Saat itu, pengguna beta sudah kebagian fitur kirim pesan suara rahasia. Ketika pengguna mengirimkan pesan suara dalam mode sekali lihat, WhatsApp juga akan menampilkan keterangan guna memastikan bahwa pengguna menyadari pesan yang akan ia kirim, adalah pesan yang akan terhapus otomatis.

Sekarang fitur ini digulirkan semua pengguna dan mulai bisa dicoba dalam beberapa hari mendatang.

Tidak bisa di-screenshot

Fitur pesan sekali lihat sudah tersedia di WhatsApp sejak Juni 2021. Fitur View Once saat itu memungkinkan penerima pesan melihat foto atau video sekali saja, tetapi kini diperluas ke pesan suara juga.

Baca juga: WhatsApp Desktop Kembali Dapat Fitur Kirim Foto dan Video Sekali Lihat

Semula, pengguna masih dimungkinkan untuk screenshot pesan sekali lihat, meski pesan yang dikirimkan dalam mode itu biasanya bersifat rahasia. 

Agar lebih menjaga privasi pengguna, WhatsApp kemudian mengunci pesan sekali lihat dengan memblokir akses screenshot pesan tadi pada Agustus 2022.

Pihak WhatsApp saat itu mengatakan, pesan yang dikirim melalui fitur sekali lihat, secara otomatis akan dilindungi dari upaya tangkapan layar. Sehingga pengguna dapat berbagi pesan sensitif dengan lebih nyaman.

Jadi, ketika pengguna membuka foto/video View Once lalu mencoba mengambil screenshot, layar bakal menampilkan notifikasi berbunyi "Tangkapan layar diblokir untuk privasi tambahan". Dengan begitu, konten tidak bisa didokumentasikan dengan screenshot.

Meski demikian, pengguna bisa memotret foto/video yang dikirimkan dalam mode sekali lihat memakai perangkat lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com