Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi LAN Card pada Komputer dan Cara Kerjanya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 10/12/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui fungsi-fungsi dari tiap komponen yang terdapat pada komputer. Salah satunya adalah fungsi LAN Card. Pengetahuan atas fungsi LAN Card dapat membantu perannya dalam sebuah komputer.

LAN Card atau Local Area Network Card memiliki fungsi yang cukup penting di sebuah komputer. Tanpa LAN Card, komputer tidak akan bisa dipakai untuk mengakses internet atau terhubung dalam sebuah jaringan lokal (ethernet).

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Lantas, apa fungsi LAN Card dalam sebuah komputer? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai fungsi LAN Card sebagai salah satu komponen komputer yang punya peran penting.

Fungsi LAN Card

LAN Card atau biasa disebut juga dengan NIC (Network Interface Card) dan kartu jaringan, secara umum memiliki fungsi utama untuk menghubungkan perangkat komputer ke sebuah jaringan, baik jaringan lokal antar komputer maupun jaringan internet.

Selain itu, LAN Card memiliki beberapa fungsi lain di komputer. Adapun beberapa fungsi LAN Card pada sebuah komputer adalah sebagai berikut.

1. Koneksi ke jaringan

LAN Card memungkinkan komputer untuk terhubung ke jaringan, baik melalui kabel (Ethernet) atau nirkabel (WiFi). Lan Card memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan seperti komputer lain atau server.

2. Mengirim dan menerima data

LAN Card bertanggung jawab untuk mengirimkan dan menerima data dalam jaringan. LAN Card melibatkan konversi data dari bentuk digital ke sinyal fisik yang dapat dikirim melalui media transmisi kabel atau nirkabel.

3. Manajemen jaringan

Beberapa LAN Card memiliki kemampuan untuk mendukung fungsi manajemen jaringan. Ini termasuk kemampuan untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan koneksi, mengelola kecepatan transfer data, dan memberikan informasi terkait kondisi jaringan.

4. Keamanan jaringan

LAN Card dapat mendukung keamanan jaringan. Misalnya, beberapa LAN Card mendukung fitur Virtual LAN (VLAN) untuk memisahkan lalu lintas jaringan. Kemudian, terdapat pula LAN Card yang mendukung enkripsi data untuk meningkatkan keamanan transmisi.

5. Mendukung protokol komunikasi jaringan

LAN Card mendukung berbagai protokol komunikasi jaringan, seperti TCP/IP, UDP, dan lainnya. Dukungan ini memastikan bahwa komputer dapat berkomunikasi dengan perangkat lainnya dalam sebuah jaringan.

6. Mendukung integrasi dengan sistem operasi

LAN Card dapat berinteraksi dengan sistem operasi komputer untuk menyediakan pengaturan dan kontrol tambahan. Ini memungkinkan pengguna untuk mengonfigurasi setelan jaringan dan memantau kinerja LAN Card di komputer.

Itulah beberapa fungsi LAN Card. Kemudian, untuk menjalankan fungsi sebagai perantara komputer dan jaringan, LAN Card memiliki cara kerja tersendiri. Lantas, bagaimana cara kerja LAN Card dalam menghubungkan komputer dan jaringan?

Cara Kerja LAN Card

Cara kerja LAN Card secara umum adalah dengan mentransmisikan data dari komputer ke jaringan dan sebaliknya. Dalam proses transmisi data, LAN Card memiliki peran sebagai perantara antara komputer dan jaringan.

Sebagai contoh, ketika pengguna meminta sebuah halaman web di jaringan internet, komputer akan meneruskan permintaan atas data tersebut ke kartu jaringan atau LAN Card. Kemudian, LAN Card akan mengonversinya menjadi sinyal listrik.

Setelah itu, sinyal dari LAN Card bakal dikirim melalui media transmisi yang dipakai, baik melalui kabel maupun nirkabel. Selanjutnya, server dari web di internet yang diminta pengguna bakal menerima sinyal listrik itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com