Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone SE Generasi Pertama Kini Dianggap HP "Kuno"

Kompas.com - 11/12/2023, 09:08 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple memasukkan iPhone SE generasi pertama (2016) ke dalam daftar iPhone kuno atau lawas (vintage) pekan ini.

Daftar iPhone vintage dibuat Apple untuk mendata model iPhone yang sudah dihentikan distribusi dan penjualannya sejak 5 tahun lalu, dan "umurnya" sudah lebih dari 7 tahun sejak peluncuran perdananya.

iPhone SE (2016) merupakan ponsel kuat nan mungil berukuran 4 inci yang dibekali dengan berbagai fitur mumpuni pada zamannya, mulai dari konektivitas 4G, kamera 12 MP, chipset Apple A9, dan pemindai sidik jari Touch ID.

iPhone SE generasi pertama ini meluncur pada Maret 2016 lalu (7 tahun lalu), namun telah disetop distribusi dan penjualannya pada September 2018 lalu (5 tahun lalu).

Baca juga: Apple Watch Generasi Pertama Divonis Kuno, Apa Artinya?

Artinya, iPhone ini sudah masuk kategori lawas dan sah untuk masuk ke dalam model iPhone vintage, bersama iPhone 6 yang sudah masuk ke dalam daftar iPhone kuno sejak Oktober 2022 lalu.

Tak dapat update software

Nah, karena sudah masuk ke dalam daftar iPhone lawas, iPhone SE tentunya tak akan lagi menerima pembaruan perangkat lunak (software) alias iOS dari Apple (maksimal pembaruan iPhone biasanya lima tahun).

Adapun versi iOS terakhir yang mendukung iPhone SE generasi pertama adalah iOS 15, dan apabila ingin merasakan iOS 16 atau yang lebih baru, pengguna harus beralih ke iPhone SE generasi kedua (2020) atau generasi ketiga (2022).

Lantas, apakah iPhone SE generasi pertama ini masih bisa diperbaiki di toko Apple? Sejatinya, iPhone vintage tak lagi bisa mendapatkan layanan perbaikan di toko resmi Apple Store atau mitra resmi Apple lainnya.

Baca juga: iPhone SE 4 Meluncur Tahun Depan dan Mirip iPhone 14?

Namun, Apple akan melakukan tugas perbaikan tersebut apabila suku cadang iPhone vintage yang rusak, dalam hal ini iPhone SE 2016, masih tersedia di toko. 

Selengkapnya, simak daftar iPhone vintage yang diperbarui Apple pekan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari laman AppleSupport, Senin (11/12/2023).

  • iPhone 4 (8GB)
  • iPhone 5
  • iPhone 5S
  • iPhone 6
  • iPhone 6 Plus
  • iPhone 6s (32GB)
  • iPhone 6s Plus (32GB)
  • iPhone SE (Generasi pertama, 2016)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com