Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagian-bagian Dasar E-mail serta Fungsinya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 13/12/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Elektronik mail (e-mail) atau surat elektronik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas berbagai bidang. Mulai dari organisasi, bisnis, instansi, hingga perusahaan besar menjadikan e-mail sebagai sarana surat menyurat digital untuk berbagai kepentingan formal.

Misalnya saja mengirim dokumen terkait ketenagakerjaan dan berbagai hal terkait pekerjaan. Bahkan saat ini para siswa/pelajar di sekolah harus mulai terbiasa dengan aktivitas digital, salah satunya dalam mengirim dan menerima e-mail.

Untuk memberikan pemahaman terkait pengertian e-mail dan bagian-bagian dalam fiturnya, selengkapnya beriktu ini KompasTekno menguraikan pengertian dan bagian-bagian dari e-mail.

Baca juga: Cara Membuat Akun Email Tanpa Nomor HP

Pengertian e-mail

Dilansir dari Geeks for Geeks, e-mail merupakan singkatan dari "Surat Elektronik." Ini adalah metode komunikasi elektronik yang memungkinkan pengiriman pesan dari satu pengguna ke pengguna lain melalui jaringan, terutama melalui Internet.

Dalam e-mail, pengguna dapat mengirim teks, lampiran berupa file, gambar, atau dokumen lainnya kepada penerima yang dituju.

Sebagai bentuk komunikasi digital, email memungkinkan orang untuk berkomunikasi secara cepat dan efisien tanpa harus berada di lokasi yang sama. Pesan-pesan email disimpan di server, memungkinkan pengguna untuk mengaksesnya kapan saja dan dari mana saja selama terhubung ke internet.

Mengapa menggunakan e-mail?

E-mail adalah komunikasi yang terjadi secara real-time dan dapat menyampaikan data penting kepada orang-orang di berbagai wilayah geografis. Email adalah catatan komunikasi yang telah terjadi dan disimpan di server organisasi. Seseorang harus sangat berhati-hati saat mengetik surat.

Bagian-bagian e-mail dan fungsinya

Sata mengunnakan e-mail, Anda harus mengetahui beberapa bagian dasar yang penting diketahui. Bagian-bagian inilah yang biasanya cukup dominan digunakan dalam mengirim e-mail.

Subject line

Baris Subjek atau subject line dalam e-mail berfungsi sebagai ringkasan singkat yang memberi tahu penerima tentang isi atau tujuan utama dari e-mail tersebut. Bagian ini penting karena membantu penerima memahami pokok pesan atau topik yang akan dibahas dalam e-mail sebelum membukanya.

Ini memungkinkan mereka untuk mengatur waktu dan prioritas dengan lebih baik.
Contoh subject e-mail: “Lamaran Pekerjaan - Nama - Divisi”, “Daftar Harga HP Terbaru 2024”

Pengirim/sender

Bagian kolom pengirim diisi dengan alamat e-mail pengirim. Ini membantu penerima untuk segera mengenali dari siapa mereka menerima e-mail. Selain itu hal ini juga membantu penerima untuk menilai kepercayaan dan validitas pesan. Penerima bisa memeriksa apakah email tersebut berasal dari sumber yang dikenal atau diharapkan

Kolom penerima

"Recipient" atau penerima dalam e-mail merujuk kepada orang atau alamat e-mail yang dituju atau menerima pesan tersebut. Hal ini juga biasanya berguna untuk menunjukkan kepada sistem e-mail dan pengguna siapa yang seharusnya membaca atau menerima pesan tersebut. Ini bisa satu atau lebih alamat e-mail, tergantung pada siapa yang ingin mengirimkan pesan ke siapa.

Carbon copy (Cc)

Dalam e-mail, cc berfungsi untuk menambah penerima e-mail yang tidak perlu melakukan tindakan apa pun (contohnya membalas pesan kembali). Penerima cc akan menerima e-mail tersebut, tetapi mereka tidak akan muncul di kolom "Kepada". Cc biasanya digunakan untuk tujuan menginformasikan penerima lain tentang suatu hal.

Blind carbon copy (Bcc)

Bcc berfungsi untuk mengirimkan salinan e-mail kepada orang lain tanpa diketahui oleh penerima lain. Ini berguna jika Anda ingin mengirimkan sesuatu yang sensitif atau rahasia kepada seseorang tanpa membiarkan orang lain mengetahuinya.

Salah satu penggunannya adalah mengirim e-mail ke daftar e-mail yang besar tanpa ingin semua orang melihat e-mail orang lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com