Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Huawei MatePad Air PaperMatte Edition Resmi, Spek Mirip MatePad Air

Kompas.com - 14/12/2023, 14:01 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Jelang tutup tahun 2023, Huawei meluncurkan sejumlah tablet baru. Setelah meresmikan MatePad Pro 13.2 secara global 12 Desember lalu, Huawei menghadirkan MatePad Air PaperMatte Edition.

Menurut Huawei, MatePad Air PaperMatte Edition pada dasarnya mirip dengan MatePad Air "reguler" yang debut di China Mei lalu. Perbedaannya, layar MatePad Air PaperMatte Edition kini didukung fitur anti-glare untuk menambah nyaman mata saat menatap layar.

Selain itu, dukungan M-Pencil gen-2 di MatePad Air PaperMatte Edition juga ditingkatkan dibanding MatePad Air.

Selebihnya, spesifikasi MatePad Air PaperMatte Edition sama seperti Matepad Air, termasuk pada aspek chipset yang ditenagai System on Chip (SoC) Snapdragon 888.

Spesifikasi MatePad Air PaperMatte Edition

Huawei MatePad Air PaperMatte Edition tampil dengan layar IPS berukuran 11,5 inci, resolusi 2.800 x 1.840 piksel (2.8K). Layar tablet ini juga didukung refresh rate 144 Hz.

Baca juga: Tablet Huawei MatePad Air Resmi di Indonesia dengan Layar 144 Hz, Harga 8 Juta

Huawei juga menyertakan dukungan teknologi anti-glare nano-level yang akan mengurangi gangguan cahaya berlebih, tetapi tetap menawarkan pengalaman visual seperti di kertas.

MatePad Air PaperMatte Edition bisa dioperasikan dengan pena digital alias stylus M-Pencil generasi kedua. Aksesori ini memiliki sensitivitas 4.096 level dan diklaim menawarkan pengalaman menulis seperti memakai pena di kertas.

Huawei MatePad Air PaperMatte EditionHuawei Huawei MatePad Air PaperMatte Edition

Punggung perangkat dihias dengan modul kamera berbentuk pil yang menampung kamera belakang tablet. Resolusi kamera belakangnya yaitu 13 MP. Tablet ini juga dilengkapi kamera depan dengan resolusi 8 MP.

Pada aspek hardware, tablet ini ditenagai oleh chip Snapdragon 888. Chip ini dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB.

MatePad Air PaperMatte Edition juga ditopang baterai berkapasitas 8.300 mAh disertai dukungan fast charging 40 watt.

MatePad Air PaperMatte Edition juga memiliki empat speaker dan empat mikrofon untuk menunjang berbagai aktivitas pengguna, misalnya untuk panggilan video maupun sekadar menonton video.

Baca juga: Tablet Huawei MatePad 11.5: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Secara fisik, tablet ini memiliki ketebalan 6,5 mm dan bobot 509 gram. Tablet ini berjalan dengan sistem operasi HarmonyOS 3.1, bukan Android bikinan Google.

Karena tak pakai OS Android, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition tidak dibekali layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Ini berarti pemilik tablet tidak bisa mengunduh aplikasi dari Play Store, menonton video dari aplikasi YouTube, melihat peta di Google Maps, mengedit dokumen di Google Drive, dan layanan Google lainnya secara bawaan.

Pengguna biasanya harus mengakses layanan Google tersebut melalui browser untuk bisa menggunakannya, tidak bisa dari aplikasi.

Sebagai ganti Google Mobile Services, tablet Huawei ini mengandalkan ekosistem buatan sendiri yang bernama Huawei Mobile Services (HMS), dengan toko aplikasi bernama Huawei AppGallery.

MatePad Air PaperMatte Edition meluncur di Eropa. Harganya dibanderol 649 euro atau sekitar Rp 10,9 juta, dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (14/12/2023).

Dengan harga tersebut, pengguna mendapatkan unit Huawei MatePad Air PaperMatte Edition serta keyboard yang kompatibel dengan tablet itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com