Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Perkenalkan FreeClip, Earphone Open-Ear Berdesain Unik

Kompas.com - 13/12/2023, 08:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Earphone open-ear yang berdesain terbuka sehingga memungkinkan penggunanya tetap mendegar suara dari lingkungan sekitar agaknya mulai menjadi tren.

Salah satu produk terbarunya adalah FreeClip dari Huawei yang diperkenalkan pekan ini. Berbeda dari earphone open-ear lain yang umumnya berbentuk pengait, FreeClip memiliki desain unik mirip tapal kuda atau anting yang dijepitkan di tengah daun telinga (clip).

FreeClip memiliki tiga bagian, yakni "Comfort Bean" alias bagian belakang yang ditempatkan di belakang telinga, "Acouistic Ball" alias unit earphone berisi driver yang diposisikan di lubang telinga, dan penghubung keduanya yang disebut sebagai "C Bridge".

Bagian C Bridge bisa mengatur besar tekanan dalam menjepit daun telinga dengan adaptive sensor agar tidak terasa sakit, sementar Comfort Bean dan Acouistic Ball dirancang ergonomis dengan bentuk lekukan yang mengikuti kontur telinga dan kepala.

Baca juga: JBL Soundgear Sense Masuk Indonesia, Earphone Konduksi Udara Pertama

Berkat desain uniknya dengan pemasangan di tengah telinga alih-alih bertengger di atas, FreeClip yang bersifat wireless diklaim tidak akan mengganggu pemakaian kacamata.

Earphone open-air Huawei FreeClip warna unguHuawei Earphone open-air Huawei FreeClip warna ungu
Menariknya lagi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Rabu (13/12/2023), FreeClip juga reversible. Earphone nirkabel ini dapat menyesuaikan keluaran suara left/ right secara otomatis

Pengguna pun tak perlu membeda-bedakan antara unit earphone untuk telinga kanan dan kiri. Keduanya sama saja dan menyesuaikan output audio sendiri dengan sensor onboard.

Seperti halnya earphone open-ear lain, FreeClip tidak menutupi lubang telinga sehingga pengguna masih bisa mendengar suara dari sekeliling selagi mendengarkan musik atau menelepon.

Biasanya hal ini bakal menurunkan kualitas audio dan membuat suara "bocor" sehingga bisa didengar orang lain, tapi Huawei mengeklaim bahwa FreeClip memiliki dua teknologi untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Huawei Perkenalkan Laptop Baru dengan Chip 5 Nm Kirin 9006C

Pertama adalah driver dual-magnetic high-sensitivity 10,8 mm yang disebut mampu menghasilkan suara jernih meskipun berukuran kecil. Kedua, sistem reverse sound wave yang mengarahkan suara persis ke lubang telinga untuk meminimalisasi kemungkinan "bocor".

Soal baterainya, Huawei menyebutkan bawha FreeClip bisa bertahan selama 8 jam menggunakan unit earphone saja atau hingga 36 jam dengan tambahan daya dari charging case.

Earphone open-ear yang memiliki sertifikasi IP54 ini tersedia dalam warna hitam dan ungu serta dijadwalkan mulai dijual di Eropa pada akhir Desember 2023.

Banderolnya adalah 199 euro (Rp 3,4 juta). Masih belum ada informasi mengenai pemasaran FreeClip di wilayah dunia selebihnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com