Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Tersambung padahal Password Benar

Kompas.com - 14/12/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna mungkin bakal menjumpai beberapa masalah yang umum terjadi saat sedang menghubungkan koneksi internet WiFi di HP atau laptop. Adapun salah satu masalah tersebut adalah WiFi tidak bisa tersambung padahal password benar.

Baca juga: 4 Cara Mengetahui Password WiFi di HP dan Laptop dengan Mudah dan Praktis

Lantaran umum terjadi, pengguna penting kiranya memahami cara mengatasi WiFi tidak bisa tersambung padahal password benar. Sebagaimana cukup umum diketahui, tiap perangkat router yang menyebar koneksi internet WIFi selalu dilindungi dengan password.

Untuk bisa menghubungkan WiFi di perangkat lain seperti HP, laptop, atau komputer, pengguna perlu memasukkan sandinya dengan benar. Namun, dalam kondisi tertentu, bisa saja terjadi masalah WiFi tidak bisa connect padahal sandi benar.

Penyebab WiFi tidak bisa tersambung padahal password benar

Lantas, kenapa WiFi tidak bisa tersambung padahal password benar? Ada banyak penyebab WiFi tidak bisa tersambung padahal sandi benar. Salah satunya seperti pengguna keliru memasukkan password sesuai format yang diminta, meski komposisinya sudah benar.

Beberapa kemungkinan penyebab WiFi tidak bisa connect padahal sandi benar lainnya termasuk gangguan pada sistem perangkat dan gangguan pada router.

Lalu, bagaimana cara mengatasi WiFi tidak tersambung padahal password benar? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi WiFi tidak bisa tersambung padahal password benar.

Cara mengatasi WiFi tidak bisa tersambung padahal password benar

1. Periksa kembali format password WiFi

Kebanyakan perangkat router saat ini telah menerapkan sistem case sensitive password. Sistem tersebut mengharuskan pengguna untuk memasukkan password dengan benar sesuai format besar-kecil huruf.

Meski pengguna sudah memasukkan komposisi password yang benar, jika format huruf besar dan kecilnya salah maka tak akan bisa terhubung dengan WiFi. Misalnya, terdapat password WiFi seperti ini “Selamat Pagi”.

Untuk bisa melewati sistem case sensitive password pada router, pengguna perlu memasukkan password dengan huruf kapital “S” dan “P” dalam komposisi “Selamat Pagi”. Jadi, kata sandi yang dimasukkan bukan seperti ini “selamat pagi”.

Baca juga: 4 Cara Mengetahui IP Address WiFi di Laptop atau Komputer dengan Mudah

2. Restart router

Kedua, pengguna bisa mencoba untuk restart router. Caranya, matikan router dengan menekan tombol power, yang biasanya berada di bagian punggung perangkat. Setelah itu, tunggu beberapa saat, kurang lebih 30 detik, lalu nyalakan kembali.

Setelah lampu indikator perangkat nyala, tunggu beberapa saat, biasanya perlu waktu sekitar 1 menit hingga lampu DSL (digital subscriber line) berkedip dengan stabil, sebagai penanda koneksi internet telah masuk dan bisa dicoba untuk digunakan.

3. Restart perangkat

Cara mengatasi WiFi tidak bisa tersambung padahal password benar yang ketiga adalah dengan restart perangkat. Tindakan ini dapat menyegarkan kembali sistem perangkat yang mungkin terdapat gangguan pada koneksi WiFi.

Untuk restart perangkat, pengguna bisa mematikan perangkat dan menyalakan kembali beberapa waktu setelahnya.

4. Matikan dan hubungkan kembali WiFi pada perangkat

Selanjutnya, pengguna juga bisa mencoba untuk mematikan dan menghubungkan kembali WiFi pada perangkat. Pengguna bisa mematikan sejenak sambungan WiFi yang ada di HP atau laptop.

Kemudian, tunggu beberapa saat, lalu aktifkan kembali koneksi WiFi pada perangkat tersebut. Setelah itu, coba lagi untuk menghubungkan perangkat dengan router.

5. Update driver WiFi di desktop

Jika di desktop (laptop atau komputer), masalah WiFi tidak bisa connect padahal sandi benar bisa ditimbulkan karena terdapat masalah pada driver atau perangkat lunak yang menghubungkan perangkat keras adaptor WiFi dengan desktop.

Oleh karena itu, seandainya mengalami masalah WiFi tidak bisa connect padahal sandi benar, pengguna bisa mencoba untuk memperbarui atau update driver WiFi di desktop. Pembaruan driver biasanya membawa perbaikan pada sejumlah gangguan.

Bila menggunakan desktop Windows, untuk update driver WiFi, caranya klik ikon Windows, kemudian masukkan kata kunci “Device Manager” di kolom pencarian. Setelah itu, klik opsi “Network Adapter”, kemudian klik kanan dan pilih opsi “Update Driver”.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi MacBook Tidak Bisa Terhubung ke Jaringan WiFi

Itulah beberapa cara mengatasi WiFi tidak bisa tersambung padahal password benar. Dengan mengetahui beberapa cara di atas, pengguna bisa lebih mudah mengatasi masalah WiFi tidak bisa connect padahal sandi benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com