Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan E-mail dan Webmail serta Kelebihan dan Kekurangannya

Kompas.com - 15/12/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - E-mail merupakan salah satu platform komunikasi yang biasa digunakan pengguna untuk mendukung berbagai aktivitas pekerjaan. Khususnya dalam aktivitas bisnis dan perkantoran.

Begitu juga istilah webmail juga cukup sering digunakan pengguna untuk berbagai kepentingan. Dari segi fungsinya, keduanya sama-sama menerima dan mengirim pesan elektronik berbagai jenis file, seperti teks, dokumen, foto, dan file lainnya.

Meskipun memiliki fungsi dasar yang sama, keduanya sebenarnya merujuk pada konsep yang sedikit berbeda. Apa saja perbedaan e-mail dan webmail? Selengkapnya berikut ini uraiannya.

Baca juga: Cara Hapus E-mail di Gmail yang Berukuran Besar dengan Cepat

Pengertian e-mail dan webmail

Dilansir dari laman Techwalla, e-mail atau electronic mail adalah cara untuk mengirim pesan antara orang satu dan orang lain menggunakan komputer dan internet. E-mail dapat berisi teks, gambar, lampiran berkas, dan tautan.

Pesan e-mail dikirim antara alamat e-mail yang unik, dan penerima dapat mengakses pesan tersebut dengan menggunakan perangkat yang terhubung ke internet. Sedangkan webmail adalah layanan e-mail yang dapat diakses melalui web browser.

Webmail tidak memerlukan perangkat lunak e-mail khusus untuk digunakan. Pengguna hanya perlu membuka web browser dan masuk ke situs web penyedia layanan webmail untuk dapat mengakses emailnya.

Perbedaan e-mail dan webmail

Perbedaan utama antara email dan webmail terletak pada cara mengaksesnya. Email dapat diakses melalui perangkat lunak email khusus, seperti Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, atau Apple Mail. Sedangkan webmail dapat diakses melalui web browser. Berikut ini ringkasan perbedaannya dalam tabel.

Perbedaan Webmail E-mail
Akses Hanya dapat diakses melalui browser web, tidak memerlukan instalasi perangkat lunak tambahan. Dapat diakses melalui berbagai klien e-mail, baik yang terinstal di komputer (seperti Microsoft Outlook) 
Platform Hanya diakses melalui web, meskipun beberapa layanan webmail juga dapat diintegrasikan dengan klien email desktop. Bisa diakses melalui aplikasi desktop, perangkat seluler, atau web.
Penyimpanan Pesan email disimpan di server dan dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet. Pesan e-mail disimpan di server e-mail dan dapat diunduh ke perangkat pengguna.

Baca juga: Cara Membuat Akun Gmail Baru di HP Android, Mudah dan Cepat

Kelebihan dan kekurang e-mail dan webmail

E-mail dan webmail adalah dua cara yang berbeda untuk mengakses email. E-mail lebih cocok untuk pengguna yang menginginkan lebih banyak fitur dan kontrol atas email mereka. Sedangkan webmail lebih cocok untuk pengguna yang menginginkan cara yang lebih mudah untuk mengakses email.

Email

Kelebihan:

  • Lebih banyak fitur, seperti penyimpanan email yang lebih besar, filter email, dan keamanan yang lebih baik.
  • Lebih banyak kontrol atas email, seperti kemampuan untuk mengatur folder, mengelola kontak, dan menggunakan add-on.
  • Dapat digunakan secara offline, sehingga pengguna dapat mengakses emailnya bahkan saat tidak ada koneksi internet.

Kekurangan:

  • Lebih sulit digunakan, terutama untuk pengguna yang tidak terbiasa dengan perangkat lunak email.
  • Tidak selalu kompatibel dengan semua browser web.
  • Memerlukan instalasi perangkat lunak email, yang dapat memakan waktu dan ruang penyimpanan.
  • Biaya berlangganan, jika menggunakan layanan email berbayar.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengetahui Apakah E-mail Gmail Sudah Dibaca? Begini Caranya

Webmail

Kelebihan:

  • Lebih mudah digunakan, terutama untuk pengguna yang terbiasa dengan web browser.
  • Lebih kompatibel dengan berbagai browser web.
  • Tidak memerlukan instalasi perangkat lunak apa pun.
  • Biasanya gratis.

Kekurangan:

  • Fitur yang lebih terbatas daripada email.
  • Tidak selalu menawarkan kontrol yang sama atas e-mail, seperti kemampuan untuk mengatur folder, mengelola kontak, dan menggunakan add-on.
  • Tidak dapat digunakan secara offline.

Contoh webmail

Ilustrasi centang biru GmailKompas.com/Lely Maulida Ilustrasi centang biru Gmail

Gmail

Gmail merupakan layanan webmail gratis yang ditawarkan oleh Google. Gmail memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, serta menawarkan penyimpanan email yang besar hingga 15 GB.

Yahoo Mail

Yahoo adalah platform di mana pengguna dapat membuat akun email gratis dan mengirim serta menerima pesan elektronik. Yahoo Mail telah menjadi salah satu penyedia email paling populer di dunia dan telah ada sejak tahun 1997.

Baca juga: Cara Melampirkan File di Gmail dengan Mudah dan Praktis

Contoh e-mail

Ilustrasi dukungan ekstensi Outook di Microsoft EdgeWindows Ilustrasi dukungan ekstensi Outook di Microsoft Edge

Salah satu contoh e-mail yang sering ditemui adalah Microsoft Outlook, ini adalah program e-mail dan manajemen informasi pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft. Outlook merupakan bagian dari paket Microsoft Office dan sering digunakan untuk mengelola email, kalender, kontak, dan tugas.

Layanan webmail gratis yang ditawarkan oleh Microsoft. Outlook.com memiliki antarmuka yang familiar bagi pengguna Microsoft Office, serta menawarkan berbagai fitur, seperti filter email, keamanan yang ditingkatkan, dan penyimpanan email hingga 1 TB.

Baca juga: Cara Menggunakan Microsoft Outlook, Mulai Setting Akun hingga Kirim E-mail

 

Demikian ulasan mengenai pengertian dan perbedaan e-mail dan webmail yang biasa digunakan untuk mendukung aktivitas pengguna. Semoga bermanfaat. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com