Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Mengetahui Apakah E-mail Gmail Sudah Dibaca? Begini Caranya

Kompas.com - 05/11/2023, 11:29 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Gmail memungkinkan pengguna mengirim e-mail untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari tugas, kantor, maupun bisnis. Meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan pengguna mengirim e-mail, namun Gmail tidak seperti aplikasi instan yang memiliki laporan pesan sudah dibaca.

Untuk mengetahui apakah e-mail Gmail sudah diterima dan dibaca biasanya pengguna hanya mengetahuinya lewat balasan penerima. Nah sebenarnya terdapat trik dan cara mengetahui apakah e-mail di Gmail sudah terbaca atau belum. Bagaimana caranya? selengkapnya berikut ini penjelasannya. 

Baca juga: Mengapa E-mail di Gmail Hilang dari Kotak Masuk? Begini Cara Mengeceknya

Menggunakan Google Workspace

Salah satu cara mengetahui apakah e-mail Gmail Anda sudah terbaca atau belum adalah dengan menggunakan akun Google Workspace. Apabila Anda memiliki akun ini untuk kebutuhan pribadi atau profesional, umumnya akan muncul fitur “pesan telah dibaca”.

Apabila Anda memenuhi kriteria ini, Anda bisa mengaktifkan tanda terima dibaca di Gmail dengan mudah. Berikut ini caranya:

  • Tulis e-mail seperti biasa
  • Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas jendela komposisi e-mail Anda
  • Tindakan ini akan membuka menu “Opsi lainnya”
  • Dari menu ini, pilih opsi “Minta tanda terima telah dibaca,”

Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, Anda akan menerima pemberitahuan otomatis ketika penerima membuka e-mail Anda. Namun perlu diperhatikan ketika mengaktifkan fitur ini, penerima harus menerima permintaan konfirmasi ini agar dapat berfungsi. 

Menggunakan ekstensi Mailtrack di Chrome

Ilustrasi cara download mailtrackKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara download mailtrack

Apabila Anda tidak memiliki akun Gmail Workspace, maka bisa memanfaatkan ekstensi tambahan dari Chrome. Anda bisa mengunduh ekstensi Mailtrack di Google Chrome Web Store di tautan berikut ini.

Setelah mengunduh Mailtrack, Anda dapat menautkannya ke akun Gmail dan memberikan akses ke rangkaian fiturnya.

Setelah menginstal Mailtrack, saat Anda menulis e-mail nantinya akan muncul pemberitahuan di bawah pesan, yang menunjukkan apakah ingin mengaktifkan fitur e-mail yang sudah dibaca.

Jika Anda memutuskan untuk tidak menggunakan fitur ini, Anda cukup menghapus opsi tersebut dengan mengklik ikon “Hapus,”saat menulis e-mail.

Baca juga: Cara Mengatasi Gmail yang Diretas dan Menjaga Keamanan Akun

Ekstensi Mailtrack sendiri tak hanya terbatas pada fitur notifikasi e-mail yang sudah terbaca, namun juga memiliki beragam fitur premium lainnya yang membantu pengguna bisa mengoptimalkan e-mail. Khususnya untuk kebutuhan marketing. Bagi Anda yang ingin mengakses lebih lanjut mengenai fitur lanjutan, dapat berlangganan premium di ekstensi Mailtrack.

Itulah dua cara mengetahui apakah e-mail Gmail Anda sudah dibaca atau belum. Selamat mencoba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com