Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Game dan Aplikasi Terbaik di iPhone, iPad, serta Mac pada 2023

Kompas.com - 17/12/2023, 19:01 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang penghujung 2023, Apple tak ketinggalan merilis daftar game dan aplikasi terbaik dari toko App Store.

Deretan game dan aplikasi yang diseleksi oleh tim editorial App Store itu dibagi berdasarkan platform, yakni iPhone, iPad, Mac, Apple Watch, Apple TV, dan layanan game berlangganan Apple Arcade.

Baca juga: Apple Rilis iOS 17.2 Bawa Aplikasi Journal

Kategori aplikasi iPhone terbaik diraih oleh AllTrails: Hike, Bike & Run yang menawarkan fitur kesehatan, berikut tracking kegiatan olahraga seperti berspeda, lari, panjat tebing, dan lain-lain sehingga cocok untuk pengguna yang gemar beraktivitas di luar ruangan. 

Aplikasi AllTrails: Hike, Bike & Run menjadi aplikasi terbaik di iPhone sepanjang 2023Apple App Store Aplikasi AllTrails: Hike, Bike & Run menjadi aplikasi terbaik di iPhone sepanjang 2023

Berdasarkan pantauan KompasTekno di toko App Store, AllTrails: Hike, Bike & Run berhasil mengumpulkan nilai ulasan sebesar 4.9 dari5 dan banyak mendulang komentar bernada positif. 

Penggunanya mengaku banyak mendapat manfaat, seperti dimudahkan ketika meninjau hasil aktivitas olahraga yang dilakukan hinga menemukan jalur jalan baru lewat fitur peta.

Tampilan Prêt-à-Makeup, aplikasi terbaik iPad di 2023Apple App Store Tampilan Prêt-à-Makeup, aplikasi terbaik iPad di 2023

Untuk perangkat iPad, predikat apliaksi terbaik jatuh kepada Prêt-à-Makeup. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk belajar merias diri, atau mengekspresikan diri lewat riasan di wajah.

Photomator, aplikasi edit foto yang tersedia untuk perangkat Apple MacApple App Store Photomator, aplikasi edit foto yang tersedia untuk perangkat Apple Mac

Adapun aplikasi terbaik di komputer Apple, alias Mac diboyong oleh Photomator. Aplikasi edit foto ini mendapatkan skor review sebesar 4,6 dari 5.

Menurut komentar editor Apple App Store, Photomator memungkinkan pengguna menyesuaikan warna tertentu, menyempurnakan bayangan foto. Photomator juga dianggap mampu memberi penyegaran terhadap foto yang ingin disunting.

Baca juga: 7 Fitur Baru di iOS 17.2, dari Diary Digital hingga Video 3D

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, tetapi untuk mendapatkan akses eksklusif pengguna harus berlangganan. Harga langganannya dimulai dari Rp 79.000 per bulan, Rp 499.000 per tahun, atau langganan seumur hidup Rp 1,69 juta.

Ilustrasi aplikasi kesehatan SmartGym: Gym & Home Workouts (atas) dan MUBI: Stream Great Cinema (bawah). Dua aplikasi ini masing-masing menjadi aplikasi terbaik di Apple Watch dan Apple TVApple App Store Ilustrasi aplikasi kesehatan SmartGym: Gym & Home Workouts (atas) dan MUBI: Stream Great Cinema (bawah). Dua aplikasi ini masing-masing menjadi aplikasi terbaik di Apple Watch dan Apple TV

Untuk perangkat terbaik di Apple Watch dan Apple TV tahun ini masing-masing diisi oleh Smart Gym: Gym & Home Workout dan MUBI: Stream Great Cinema.

Smart Gym menjadi aplikasi kesehatan yang mengandalkan tenaga AI (kecerdasan buatan/Artificial Intelligence).

MUBI adalah aplikasi yang menawarkan layanan streaming film, serial, dokumenter internasional, dan merekomendasi sejumlah acara TV/film yang sudah dikurasi.

Game terbaik di iPhone, iPad, dan Mac

Ilustrasi Honkai Star Rail 1.5.Hoyoverse Ilustrasi Honkai Star Rail 1.5.
Sementara itu, di kategori game, permainan terbaik di iPhone sepanjang 2023 diboyong oleh Honkai: Star Rail. Game ini dirilis oleh Hoyoverse, pengembang aplikasi game populer Genshin Impact dan Honkai Impact. Genre game ini adalah role playing game khas Jepang, alias JPRG.

Ilustrasi game Lost in Play yang menjadi permainan terbaik di iPad tahun 2023Apple App Store Ilustrasi game Lost in Play yang menjadi permainan terbaik di iPad tahun 2023

Game aplikasi terbaik iPad diboyong oleh Lost in Play. Game terbaik versi iPad tersebut merupakan game ber-genre adventure dengan dua karakter utama, yakni kakak beradik yang menjalani petualangan untuk menemukan jalan pulang.

Lost in Play berhasil mengumpulkan skor review pengguna sebesar 4,9 dari 5 bintang.

Game Lies of Pi menjadi game terbaik di Mac Apple. Game bergenre RPG ini meminta pengguna menyelesaikan sejumlah misi untuk menemukan jati dirinya di dalam gameApple App Store Game Lies of Pi menjadi game terbaik di Mac Apple. Game bergenre RPG ini meminta pengguna menyelesaikan sejumlah misi untuk menemukan jati dirinya di dalam game

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com