Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Lokal "Coral Island" Jadi Finalis The Steam Awards 2023

Kompas.com - 19/12/2023, 07:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game Coral Island buatan developer asal Yogyakarta, Stairway Games, menjadi finalis dalam ajang penghargaan game PC The Steam Awards 2023.

Seperti namanya, The Steam Awards 2023 merupakan ajang penghargaan game komputer (PC) terbaik yang dirilis di platform distribusi game milik Valve, Steam.

Dengan begitu, game eksklusif konsol atau game PC eksklusif platform lain (Epic Games Store, Ubisoft Connect, Battle.net) bukan merupakan bagian dari penghargaan ini.

Nominasi untuk Steam Awards 2023 dipilih oleh pengguna Steam selama pesta diskon Steam Autumn Sale 2023, yang berlangsung dari 22 November hingga 29 November 2023 lalu.

Lima game dengan pungutan suara terbanyak menjadi finalis. Ada 11 kategori finalis termasuk Game of the Year, VR Game of the Year, Better With Friends, dan Sit Back and Relax.

Baca juga: Epic Games Gratiskan 17 Game Mulai Hari Ini

Coral Island sendiri menjadi finalis di kategori Sit Back and Relax Award. Kategori ini memuat berbagai game terbaik dengan tempo permainan santai, artinya bertolak belakang dengan game kompetitif yang penuh aksi.

Adapun Coral Island merupakan game simulasi kehidupan singleplayer yang mirip seperti seri game Harvest Moon. Dalam game ini, pemain bisa bercocok tanam, beternak, dan berinteraksi dengan berbagai karakter nonpemain (NPC) dalam game.

Namun, game Indonesia ini menghadirkan sejumlah perbedaan, seperti alur cerita dan latar belakang tempat yang berbeda, jumlah karakter yang lebih banyak, fitur menyelam ke laut untuk merevitalisasi terumbu karang, elemen budaya Indonesia, dan teks (subtitle) berbahasa Indonesia.

Selain Coral Island, kategori Sit Back and Relax Award berisi empat game lainnya yakni Dave the Diver, Cities Skylines II, Potion Craft: Alchemist Simulator, dan Train Sim World 4.

Daftar finalis The Steam Awards 2023 dalam kategori Sit Back and Relax. Game Indonesia Coral Island menjadi salah satu finalis dalam kategori game santai itu.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Daftar finalis The Steam Awards 2023 dalam kategori Sit Back and Relax. Game Indonesia Coral Island menjadi salah satu finalis dalam kategori game santai itu.
Nantinya pengguna bisa melakukan voting dari finalis The Steam Awards 2023 pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 pukul 01.00 WIB dini hari.

Baca juga: Daftar Pemenang Steam Awards 2021, Resident Evil Village Sabet Gelar Game of The Year

Jadwal ini bertepatan dengan ajang diskon besar-besaran Steam Winter Sale 2023, bedanya ajang diskon tersebut berakhir pada 5 Januari 2024.

Voting nantinya bisa dilakukan lewat tautan berikut ini. Pengumuman pemenang kategori bakal dilakukan langsung setelah pemungutan suara ditutup.

Pengguna yang melakukan voting bisa mendapatkan item digital berupa stiker Steam Awards yang bisa digunakan dalam ruang obrolan (chat) di Steam. Sementara itu, developer game yang menang voting akan mendapatkan piala Steam Awards versi fisik dan digital.

Selengkapnya, berikut ini daftar 11 kategori game dan finalis Steam Awards 2023, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Steam, Selasa (19/12/2023):

Game of the Year Award

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com