Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Bongsor Ini Punya CPU 64 Core dan GPU GeForce RTX 4080

Kompas.com - 19/12/2023, 09:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Perangkat komputer jinjing biasanya mengutamakan fisik yang ringkas dan ringan agar mudah dibawa-bawa, tapi beda halnya dengan laptop dari pabrikan asal China yang satu ini.

Zhanjiang Xinjuneng Rev-9 memiliki bodi tebal dan bongsor dengan dimensi fisik 420 x 325 x 46 mm sehingga mungkin lebih tepat disebut sebagai "portable workstation" daripada "laptop".

Spesifikasinya sendiri terbilang kelas berat dan bisa mengalahkan komputer desktop sekalipun. Xinjuneng menyediakan dua pilihan CPU, antara AMD Epyc 7713 (Zen 3, TDP 225 watt) atau Epyc 9554 (Zen 4, 360 watt). Keduanya sama-sama memiliki 64 core (128 thread).

Kartu grafisnya tak kalah bertenaga, dengan GPU Nvidia GeForce RTX 4080 16 GB "desktop level" yang diklaim 15 persen lebih kencang dari GeForce RTX 4090 versi mobile.

Baca juga: Nvidia Resmikan GPU RTX 4080 dan RTX 4090, Ini Harganya

Tampilannya disalurkan ke layar 17,3 inci dengan resolusi 2,5 K, refresh rate 240 HZ dan cakupan color space SRGB 100 persen.

Tampak samping laptop Zhanjiang Xinjuneng Rev-9PCOnline Tampak samping laptop Zhanjiang Xinjuneng Rev-9
Ada juga opsi untuk layar 4K 120 Hz. Selain layar utama, terdapat layar sekunder berukuran 3,5 inci yang berfungsi untuk memantau kondisi CPU dan GPU.

Untuk meredam panas dari komponen-komponen berkinerja tinggi di dalamnya, Rev-9 dibekali dengan sistem split liquid cooling built-in, dengan radiator, pompa, dan tangki penampung cairan pendingin.

Di bagian depan terdapat tiga port gigabit ethernet, berikut tiga konektor USB A. Bobot Rev-9 tidak disebutkan, tapi boleh dibilang tak bakal ringan mengingat komponen-komponen di dalamnya.

Unit kartu grafisnya sendiri bisa berbobot lebih dari 1 kg, belum lagi sasisnya yang berukuran besar, terbuat dari logam anodized aluminum, dan turut memuat unit power supply.

Baca juga: Prosesor 128-Core AMD Epyc Generasi Keempat Resmi Hadir di Indonesia

Rev-9 ditujukan untuk menangani pekerjaan-pekerjaan terkait grafis 3D, tapi tak menutup juga kemungkinan untuk dipakai menjalankan game.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Noteook Check, Selasa (19/12/2023), pembuatnya mengeklaim laptop ini muat di dalam tas untuk laptop 17 inci karena ketebalannya masih kurang dari 5 cm.

Xinjuneng rencananya bakal meluncurkan Rev-9 di China pada 19 Desember 2023 secara eksklusif lewat peritel TaoBao. Banderol harganya masih belum diungkapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com