Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Hal-hal yang Terjadi di Internet Setiap 1 Menit Sepanjang 2023

Kompas.com - 19/12/2023, 11:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan pengelola data berbasis cloud, Domo, merilis infografis bertajuk "Data never sleeps 11.0" untuk tahun 2023. Laporan tersebut memberikan gambar kepada kita soal "internet that never sleeps" alias internet yang tak pernah tidur.

Laporan Data never sleeps 11.0 itu menggambarkan aktivitas online pengguna internet di berbagai platform digital seperti di ChatGPT, Google, WhatsApp, Instagram, hingga kebiasaan streaming lagu Taylor Swift, setiap menitnya, sepanjang 2023.

Hasil kalkulasi seluruh aktivitas online pengguna internet di tahun 2023, ternyata menunjukkan fakta-fakta yang cukup menarik.

Misalnya, platform berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) seperti ChatGPT yang mengubah cara kita bekerja, berkomunikasi, dan berkreasi. Hal ini terlihat dari kebiasaan pengguna yang kini mengirimkan 6.944 perintah setiap menitnya di ChatGPT.

Namun, pengguna ternyata tidak meninggalkan kebiasaan "googling" mereka. Pasalnya, total pencarian di Google Search dilaporkan lebih dari 6,3 juta setiap menit. Angka ini naik dari total 5,9 juta kali googling pada tahun 2022.

Baca juga: Cloudflare: Lalu Lintas Internet Global Naik 25 Persen

Data never sleeps 11.0 juga menunjukkan bahwa hiburan masih mendominasi aktivitas online pengguna internet. Misalnya, pengguna Spotify tercatat melakukan streaming musik sebanyak 24.000 jam setiap menitnya.

Yang menarik juga, setiap 1 menit, pengguna Spotify juga streaming lagu Taylor Swift sebanyak 69.444 kali.

Di Instagram, pengguna mengirimkan lebih dari 694.000 Reels lewat pesan langsung alias direct message (DM) pesan langsung setiap 60 detik.

Selengkapnya, berikut fakta-fakta menarik terkait aktivitas online pengguna selama satu menit di internet sepanjang 2023, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laporan "Data never sleeps 11.0", Selasa (19/12/2023).

6,3 juta pencarian di Google dalam 1 menit

Ilustrasi Google Chrome di iPhoneOSXDaily Ilustrasi Google Chrome di iPhone
Setiap menitnya, pengguna internet global melakukan 6,3 juta pencarian di mesin mencarian (search engine) Google Search pada 2023.

Angka pencarian ini naik pesat bila dibandingkan 2013. Satu dekade lalu, pengguna internet melakukan sekitar 2 juta pencarian saja setiap 60 detik.

41,6 juta chat dikirim lewat WhatsApp

Tahun ini, setiap 60 detik, ada 41,6 juta pesan/chat dikirim lewat WhatsApp.

6.060 resume di-submit di LinkedIn

Pengguna platform jejaring profesional, LinkedIn mengirim 6.060 resume setiap 1 menit.

6.944 perintah diterima ChatGPT

Beberapa manfaat ChatGPT untuk siswa antara lain, seperti membantu menjawab pertanyaan, membantu menguasai bahasa asing, dan membantu belajar berpikir kritis.
MobileSyrup Beberapa manfaat ChatGPT untuk siswa antara lain, seperti membantu menjawab pertanyaan, membantu menguasai bahasa asing, dan membantu belajar berpikir kritis.
Pengguna mengirimkan 6.944 prompt perintah/pertanyaan ke chatbot AI ChatGPT tiap 60 detik.

694.000 Reels di-share via DM Instagram

Pengguna Instagram rajin share 694.000 Instagram Reels lewat DM tiap 1 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com