Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Kata yang Paling Banyak Di-googling Netizen Indonesia 2023

Kompas.com - 19/12/2023, 14:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google gemar merilis kata kunci (keyword) apa saya yang ramai dicari atau dimasukkan ke mesin pencari (search engine) Google.com sepanjang tahun (Year in Search), termasuk untuk tahun 2023.

Pekan ini, Google sudah mengumumkan keyword apa saja yang paling banyak dicari warganet alias netizen Indonesia sepanjang tahun ini. Sebelumnya sekitar pekan lalu, Google sudah merilis daftar kata kunci yang paling banyak dicari di dunia sepanjang 2023.

Nah, seperti biasanya, Google membagi daftar kata kunci populer Year in Search tahun ini dengan beberapa topik.

Beberapa di antaranya seperti "Apa" yang memaparkan apa yang paling banyak dicari di Indonesia secara umum, "Berita" untuk melihat apa saja berita yang ramai sepanjang tahun, dan lain sebagainya.

Baca juga: 3 Kata Kunci yang Paling Banyak Di-googling Sebelum Beli Smartphone Baru

Di kategori Apa, salah satu kata kunci yang paling banyak dicari warganet Indonesia sepanjang tahun ini adalah "Apa itu ai", dan ai dalam hal ini adalah kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI).

Bisa dibilang, 2023 merupakan tahun di mana AI berkembang dengan pesat, pasca dipopulerkan oleh OpenAI dengan chatbot andalannya, ChatGPT pada 30 November 2022 lalu.

Selain itu, teknologi AI juga kini banyak diadopsi banyak perusahaan, dan bahkan perusahaan teknologi raksasa macam Google, Microsoft, Amazon, dan sejenisnya mulai menggenjot pengembangan AI pada 2023.

Karena cukup "naik daun" di 2023, maka wajar saja apabila warganet mencari tahu apa yang dimaksud dengan AI.

Bard AI bikinan Google juga menarik perhatian

Ilustrasi chtabot AI bikinan Google, Bard.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi chtabot AI bikinan Google, Bard.

Masih soal AI, produk AI milik Google, yaitu Bard (dengan kata kunci "Bard ai") juga menjadi salah satu hal yang menarik perhatian, lantaran banyak dicari warganet Indonesia di Google untuk topik Berita.

Bard merupakan jawaban Google untuk menyaingi chatbot populer ChatGPT. Produk yang dirilis sekitar Mei 2023 ini merupakan progral AI berbasis language model bernama LaMDA (Language Model for Dialogue Applications).

Baca juga: Tren Pencarian Google 2023: Shakira, Perang Israel-Gaza, Barbie, hingga Bibimbap

Sebagai language model, Bard menyajikan prediksi kata dengan menganalisis teks dalam sebuah data. Supaya bisa menyajikan prediksi, Bard telah dilatih dengan sekumpulan data (dataset).

Nantinya, prediksi tersebut menjadi tanggapan (respons) atau output dari data teks yang diinput pengguna ke dalam Bard, sama seperti respons yang dilontarkan oleh ChatGPT.

Selain beragam hal tentang AI yang mengisi kategori Apa dan Berita, Google Year in Search 2023 juga diwarnai dengan serial TV dan film, lirik lagu, olahraga, mengapa, hingga siapa yang paling dicari netizen Indonesia di Google sepanjang 2023.

Selengkapnya, simak topik dan kata kunci yang paling banyak dicari warganet Indonesia di Google sepanjang 2023, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Google.com, Selasa (19/12/2023).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com