Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adobe Batal Akuisisi Figma, Terganjal Restu Regulator

Kompas.com - 20/12/2023, 07:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com- Pada September 2022 lalu, Adobe mengumumkan proses akuisisi perusahaan rintisan (startup) desain populer Figma senilai 20 miliar dolar AS atau sekitar Rp 298 triliun (kurs Rp 14.950).

Nah, setelah kelanjutan akuisisi ini tak terdengar selama lebih dari setahun, aksi bisnis yang dilakukan Adobe terhadap Figma tersebut dinyatakan batal. Sehingga, Figma pun tak jadi beroperasi di bawah payung Adobe.

Informasi pembatalan akuisisi Figma oleh Adobe, diumumkan lewat pengumuman resmi di situs Adobe.com.

Dalam pengumuman tersebut, kedua pihak sepakat membatalkan aksi bisnis ini karena terhalang regulasi di pasar yang mereka tuju, terutama di kawasan Eropa.

"Adobe dan Figma sepakat untuk menghentikan proses merger. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya kejelasan terkait izin yang diperlukan supaya kedua perusahaan ini bisa beroperasi secara bersama di kawasan Eropa," tulis Adobe.

"Izin atau persetujuan tersebut dikeluarkan oleh Komisi Eropa, serta Otoritas Persaingan Pasar di Inggris," tambah Adobe.

Baca juga: Apa Itu Figma yang Baru Dibeli Adobe Senilai Rp 298 Triliun?

CEO Adobe, Shantanu Narayen mengaku kecewa atas keputusan regulator di Eropa terkait proses merger ini.

Padahal, kedua perusahaan tersebut memiliki visi dan misi yang sama di bidang desain. Namun, dia yakin bahwa Adobe, begitu juga Figma akan tetap sukses secara mandiri meski merger tak terjadi.

Hal serupa disampaikan Co-founder dan CEO Figma, Dylan Field. Ia juga kecewa dengan keputusan regulator Eropa terkait aksi bisnis Adobe dan Figma.

Tetapi, Dylan tetap menghargai setiap upaya yang dilakukan Adobe, serta optimistis bahwa komunitas Adobe akan tetap berpengaruh bagi bisnis Figma di masa depan.

Untuk membatalkan segala transaksi yang telah terjadi, Adobe dan Figma memastikan bahwa pihaknya sudah menandatangani perjanjian pengakhiran proses merger dan akuisisi.

Selain itu, pihak Adobe juga mengeklaim sudah menyelesaikan beragam persoalan yang terjadi pasca pengumuman akuisisi, serta membayar segala biaya pembatalan perjanjian akuisisi mereka terhadap Figma.

Konon, biaya pembatalan akuisisi yang harus dibayar Adobe mencapai 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 15,5 triliun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Rabu (20/12/2023).

Kekhawatiran regulator terkait akuisisi Adobe

Pembatalan akuisisi Figma oleh Adobe ini disebabkan oleh para regulator di Eropa yang enggan merestui proses "perkawinan" ini.

Sebab, regulator khawatir bahwa dengan masuknya Figma ke Adobe, maka Adobe bisa melakukan monopoli bisnis di bidang desain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com