Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan TikTok di Tablet dan HP Lipat Berubah, Lebih Sederhana dan Ringkas

Kompas.com - 21/12/2023, 09:09 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok kini lebih nyaman ditonton di perangkat dengan layar yang lebih besar, seperti tablet atau ponsel lipat (foldable phone). Pasalnya, platform video pendek besutan ByteDance itu telah melakukan penyesuaian tampilan aplikasinya.

Dalam pengumuman yang disampaikan di laman TikTok Newsroom, penyesuaian tampilan ini dibuat agar pengguna lebih leluasa dan jelas dalam melihat konten.

Dalam penyesuaian tampilan ini, TikTok menghadirkan bilah navigasi di bagian atas dan bawah layar yang lebih sederhana dengan ukuran lebih ramping.

TikTok mengeklaim bilah navigasi yang lebih sederhana ini bisa membuat pengguna lebih mudah mengakses fitur dan beralih ke tabs yang ingin dikunjungi.

Selain itu, TikTok juga dapat digunakan dalam orientasi layar vertikal (portrait) maupun horizontal (landscape).

“Pembaruan fitur ini menawarkan peningkatan yang komplit, memastikan pengalaman TikTok yang mulus dan interaktif secara visual untuk seluruh pengguna global TikTok, terlepas dari perangkat yang dipilih,” ungkap TikTok dikutip KompasTekno dari blog resmi TikTok, Kamis (13/20/2023).

Tampilan baru yang ditawarkan TikTok di perangkat layar yang lebih luas ini sebenarnya mirip dengan di smartphone.

Bedanya, konten video yang muncul tidak padat memenuhi satu layar tablet atau ponsel lipat, seperti di ponsel berlayar normal. Masih ada celah atau rongga di sisi kanan dan kirinya.

Baca juga: 10 Penyanyi dan Lagu Paling Populer di FYP TikTok Sepanjang 2023

Pada tahun lalu, TikTok juga sempat menguji coba dukungan orientasi mode horizontal. Kini mode tersebut sudah bisa digunakan di tablet atau ponsel layar lipat.

Tampilan baru TikTok di tablet yang sudah mendukung orientasi horizontal dan vertikal, menghadirkan bilah navigasi di atas dan bawah layar yang lebih sederhana, dan sebagainyaTikTok Tampilan baru TikTok di tablet yang sudah mendukung orientasi horizontal dan vertikal, menghadirkan bilah navigasi di atas dan bawah layar yang lebih sederhana, dan sebagainya
Dengan orientasi yang baru ini, tampilan TikTok jadi mirip seperti YouTube. Apalagi, platform besutan ByteDance juga memungkinkan penggunanya mengunggah konten video yang durasi yang lebih panjang.

“Sebagian besar pengguna sudah mengenal dan menyukai TikTok di perangkat seluler mereka, kami tahu banyak juga yang suka mengakses (TikTok) lewat layar yang lebih besar dan perangkat yang dapat dilipat,” ungkap TikTok.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (20/12/2023), lewat penyesuaian tampilan yang baru, TikTok berharap dapat memberi kenyamanan dan meyakinkan orang-orang untuk beralih ke aplikasinya, menonton konten video dengan durasi yang lebih lama.

Sebelum ada pembaruan tampilan, pengguna yang mengakses TikTok di tablet memiliki tampilan yang mirip TikTok versi web.

Bilah navigasi menu “Home”, “Friends”, “Inbox”, dan “Profile” terdapat di sisi kiri. Kini, bilah navigasi tersebut pindah ke bagian bawah layar. Namun, untuk tabs “Following” dan “For You” tetap berada di tengah atas video yang ditonton.

Baca juga: Cara Pakai Filter AI Expand yang Viral di TikTok, Bikin Foto Close-up Jadi Lebar

Hal baru lainnya juga terdapat ketika pengguna mengakses kolom komentar. Di versi sebelumnya, aplikasi bakal membelah tampilannya dengan memosisikan konten video di sebelah kiri, dan kolom komentar di sebelah kanan.

Berikut adalah contoh perbandingan tampilan yang bisa dilihat di bawah ini. Perbandingan tampilan tersebut diunggah oleh salah seorang pengguna Reddit dengan handle @r/GalaxyTab.

Perbandingan tampilan Tiktok versi baru (kiri) dan versi lama (kanan) di perangkat tabletReddit/rGalaxyTab Perbandingan tampilan Tiktok versi baru (kiri) dan versi lama (kanan) di perangkat tablet

Sementara itu, versi yang baru, menu komentar akan langsung muncul nyaris memenuhi satu layar tablet atau HP lipat.

Pengguna tidak lagi dapat menonton video sambil membaca komentar. Harus klik video yang ditonton untuk menutup kolom komentar dan lanjut menggulir timeline.

Pantauan KompasTekno, tampilan baru TikTok untuk perangkat tablet sudah tersedia di Indonesia, khususnya untuk TikTok di iPad versi 32.6.0. Bila Anda belum kebagian fitur ini, mohon bersabar. Lakukan pembaruan aplikasi secara berkala di Google Play Store (Android) atau Apple App Store (Apple).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com