Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan PlayStation 5 Akhirnya Sebanding dengan PS4

Kompas.com - Diperbarui 22/12/2023, 06:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Penjualan konsol game Sony PlayStation 5 (PS5) mencatat pencapaian baru.

PS5 dilaporkan telah terjual 50 juta unit kepada konsumen secara global per 9 Desember 2023, atau sekitar 3 tahun sejak konsol game ini dirilis pada 12 November 2020.

Pencapaian 50 juta unit PlayStation 5 terjual ini diumumkan oleh Sony langsung lewat keterangan tertulis yang dipublikasi pada Rabu (20/12/2023).

Jumlah penjualan 50 juta unit PS5 ini selisih satu minggu lebih lambat dibandingkan konsol generasi sebelumnya, PS4. Sebelumnya, PS4 terjual 50 juta unit pada 6 Desember 2016, tiga tahun sejak dirilis di Amerika Serikat pada 15 November 2013.

Meski lebih lambat seminggu, hal ini masih merupakan prestasi yang mengesankan mengingat adanya kendala pasokan PS5 beberapa waktu lalu.

Penjualan PS5 tumbuh 65 persen di 2023

Dilansir Financial Times, data dari Ampere Analysis mengungkapkan penjualan PlayStation tumbuh sebesar 65 persen menjadi 22,5 juta unit sepanjang tahun 2023 ini.

Angka tersebut melampaui penjualan konsol Nintendo Switch dan Xbox, yang masing-masing turun sebesar 18 persen dan 15 persen.

Dengan shipment 22,5 juta unit tersebut, media teknologi The Verge melaporkan, Sony berada di jalur yang tepat untuk mencapai target pengiriman (shipment) 25 juta konsol pada Maret 2024.

Baca juga: PlayStation Holiday Sale 2023, Game PS4 dan PS5 Diskon hingga 95 persen

Berkat ketersediaan stok dan game populer

Angka tersebut menunjukkan seberapa besar peningkatan penjualan PS5. Pasalnya, Sony mengumumkan bahwa mereka menjual lebih dari 40 juta unit PS5 per Juli 2023.

Artinya, ada sekitar 10 juta unit PlayStation 5 yang terjual dalam kurun waktu 5 bulan dari Agustus hingga Desember 2023.

Hal ini kemungkinan besar ada hubungannya dengan peningkatan ketersediaan PS5, setelah masalah rantai pasokan mengakibatkan lebih sedikit konsol tersedia di toko.

“Kami berterima kasih kepada semua pemain kami yang telah bergabung dalam perjalanan PS5 sejauh ini, dan kami sangat senang bahwa ini adalah musim liburan pertama sejak peluncuran dimana kami memiliki persediaan penuh konsol PS5 — jadi siapa pun yang ingin mendapatkannya bisa mendapatkannya," kata Jim Ryan, presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment.

Tak hanya itu, Sony juga menyebut, konsol PS5 telah mengalami momentum yang kuat tahun ini, didorong oleh serangkaian game yang populer, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (21/12/2023).

Meski tak disebut secara rinci, game populer tersebut kemungkinan merupakan game eksklusif PS5 seperti Marvel’s Spider-Man 2 dari developer Insomniac Games.

Ada juga judul game Baldur’s Gate 3 dari Larian Studios hingga Alan Wake 2 dari Remedy Entertainment dan Epic Games.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com