Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

X Twitter Rombak Tab Media, Jadi Mirip Galeri Foto

Kompas.com - 21/12/2023, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platfrom microblogging X (dulu Twitter) merombak tampilan tabs “Media” sehingga terlihat makin mirip dengan galeri foto. Tampilan antarmukanya kini mengadopsi format grid.

Tab “Media” merupakan halaman yang menyortir seluruh unggahan pengguna yang mencatutkan elemen gambar, video, dan GIF. Tab ini dimiliki dan dapat diakses di seluruh akun profil pengguna X Twitter.

Sebelumnya, format tampilan setiap tabs, baik tab Post, Replies, Media, dan Likes dibuat seragam. Desain unggahannya memanjang ke samping, disertai dengan elemen teks yang dibuat pengguna.

Nah, kini format grid yang baru hanya memunculkan gambar/video/GIF yang diunggah saja. Pantauan KompasTekno, Kamis (21/12/2023), desain baru ini sudah hadir untuk di Indonesia. Berikut adalah contoh format grid yang ada di tab “Media”.

Tampilan tab Media versi baru di X Twitter. Formatnya sudah mengadopsi desain grid untuk memudahkan pencarian gambar, video, dan GIF yang diunggah oleh akun lainKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tampilan tab Media versi baru di X Twitter. Formatnya sudah mengadopsi desain grid untuk memudahkan pencarian gambar, video, dan GIF yang diunggah oleh akun lain

Format grid yang ditampilkan berbentuk kotak, disusun tiga foto ke samping, dengan ukuran cukup besar sehingga memudahkan pengguna melihat kumpulan media yang diunggah.

Saat diklik, konten akan menampilkan gambar, video, GIF yang diunggah di sebelah kiri, sedangkan unggahan teks akan terletak di sisi kanan. Pengguna juga bisa dapat membaca kolom komentar yang dilontarkan oleh akun lain secara langsung.

Berikut contoh tampilannya.

Ilustrasi konten gambar yang diklik dari tab Media di X TwitterTwitter/Andrea Conway Ilustrasi konten gambar yang diklik dari tab Media di X Twitter

Namun, tampilan baru ini hanya tersedia di X Twitter versi web saja, aplikasi X Twitter veri mobile belum kedapatan fitur baru ini.

Selain merombak tampilannya, X Twitter juga berencana melakukan peningkatan pada tampilan baru tab “Media” di masa mendatang,

Desainer X Twitter Andrea Conway mengungkapkan bahwa tab Media akan segera menghadirkan opsi filter untuk memudahkan pencarian gambar/video/GIF di dalam platform.

“Kami sedang menmbuat peningkatan pada tab media (termasuk kemampuan memfilter dan mengurutkan konten media),” ungkap Andrea di akun X Twitter pribadinya (handle @ehikian).

Di samping tab "Media" akan terdapat ikon panah ke arah bawah. Apabila pengguna mengeklik ikon tersebut, bakal muncul jendela filter yang memungkinkan pengguna menyortir konten-konten media.

Pencarian dapat diurutkan berdasarkan positng-an paling baru ke paling lama, media yang paling banyak disukai, hingga media yang paling banyak memiliki engagement (interaktivitas).

Walau fitur filter media ini masih dalam tahap uji coba dan belum digelontorkan secara publik, bocoran fitur ini bisa dikatakan memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian. Proses pencarian juga bisa dilakukan dengan lebih efisien dan efektif.

Melansir Social Media Today seperti yang dikutip KompasTekno, Kamis (21/12/2023), X Twitter belakangan ini cukup berfokus pada konten video.

Boleh dikatakan, upaya perombakan tampilan di atas menjadi langkah awal untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mencari konten visual berbasis video.

 

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a

Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com