Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Game Rilis 2023 Paling Mengecewakan Versi Metacritic

Kompas.com - 27/12/2023, 19:36 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Metacritic

KOMPAS.com - Situs ulasan game, film, dan serial televisi Metacritic telah merilis daftar game paling mengecewakan yang diluncurkan sepanjang tahun 2023.

Metacritic mengumpulkan dan merangkum ratusan ulasan game dari berbagai media game, seperti IGN dan GameSpot. Setelah dirangkum, berbagai skor yang diberikan situs berita tersebut dikonversi menjadi angka baru, minimal 0 dan maksimal 100.

Adapun game yang diambil telah dirilis dari 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2023. Game yang masuk dalam daftar Metacritic mesti memiliki tujuh atau lebih ulasan dari kritikus profesional.

Apabila sebuah game mendapatkan skor yang rendah di berbagai platform, misalnya PC dan PlayStation 5 (PS5), Metacritic hanya mengambil skor terendah dari game tersebut. Berikut ini daftar game 2023 paling mengecewakan versi Metacritic:

1. The Lord of the Rings: Gollum

The Lord of the Rings: GollumGematsu The Lord of the Rings: Gollum
Game terburuk alias paling mengecewakan pada 2023 adalah The Lord of the Rings: Gollum. Game ini mengadaptasi kisah karakter Gollum dari novel The Lord of the Rings keluaran 1954.

Permainan yang dirilis di PC, PS5, PlayStation 4 (PS4), Xbox Series X/S, dan Xbox One ini mengusung mekanisme gameplay stealth ala Hitman. Sebagai Gollum, pengguna mesti bersembunyi dari musuh sambil berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

The Lord of the Rings: Gollum mendapatkan skor 34 di Metacritic. Dari 55 ulasan kritikus, sebanyak 45 ulasan di antaranya bersifat negatif, sepuluh bersifat campur aduk (mixed), dan nol bernada positif.

Salah satu skor rendah diberikan oleh media game IGN (4/10). Dalam ulasannya, IGN menghujani kritik untuk mekanisme permainan Gollum. Sistem gameplay menyusup dinilai terlalu sederhana, karena pemain bisa mudah melewati musuh begitu saja tanpa tantangan.

Selain itu, ceritanya dibilang membosankan, meskipun Gollum sendiri merupakan karakter yang menarik dalam dunia The Lord of the Rings. IGN tidak merekomendasikan game ini bahkan untuk penggemar terbesar novel dan film The Lord of the Rings.

Baca juga: Remaja 18 Tahun Pembocor Video Game GTA 6 Dihukum Kurungan Rumah Sakit

2. Flashback 2

Flashback 2Steam Flashback 2
Berikutnya, terdapat Flashback 2 yang tersedia di platform PC, PS5, dan Xbox Series X/S. Game ini merupakan sekuel dari permainan di komputer Amiga yang diluncurkan pada 1992.

Dalam game aksi ini, pemain akan berperan sebagai Conrad B. Hart selaku agen dari Galactic Bureau of Investigation (GBI). Conrad memiliki misi untuk melawan alien Morph yang menginvasi planet bumi.

Di Metacritic, Flashback 2 mendulang skor 36 dari 18 ulasan. Sebanyak 13 ulasan di antaranya bernada negatif, lima bersifat campur aduk, dan nol bersifat positif.

Menurut media game TheSixthAxis (skor 2/10), Flashback 2 merupakan sekuel yang sangat mengecewakan.

Hal ini dikarenakan oleh sejumlah faktor negatif, misalnya frame rate permainan yang buruk, berbagai celah kerusakan (bug) yang memaksa pengguna melakukan restart game, dan gameplay Flashback 2 itu sendiri.

Serangan musuh disebut tidak bisa dilihat atau dihindari. Musuh pun memiliki kecerdasan buatan (AI) yang buruk, karena mereka bakal selalu bergerak ke arah pemain tanpa memiliki akal untuk bersembunyi, atau melancarkan strategi.

Baca juga: Smartphone Terbaik 2023 dan Paling Layak Beli versi YouTuber MKBHD

3. Greyhill Incident

Greyhill IncidentSteam Greyhill Incident
Game ketiga dalam list ini adalah Greyhill Incident di platform PC, PS5, PS4, dan Xbox Series X/S. Greyhill Incident menceritakan Ryan Baker, protagonis permainan yang mesti menyelamatkan tetangganya di tengah invasi alien dan UFO.

Selama perjalanannya, Ryan akan mengungkap konspirasi alien yang selama ini disembunyikan oleh pemerintah.

Greyhill Incident mendapatkan rating 38 di Metacritic. Dari delapan ulasan yang dirangkum, enam di antaranya berbunyi negatif, dua campur aduk, dan nol bersifat positif.

Menurut situs IGN (skor 3/10), tidak ada aspek positif yang bisa "menyelamatkan" game ini. Salah satu komponen yang dikritik adalah dialognya, yang disebut buruk dan tidak terkesan natural.

Sementara itu, situs TheGamer (skor 3/10) mengatakan Greyhill Incident memiliki mekanisme menyusup (stealth) yang menyebalkan. Alien bisa mendengar semua gerak-gerik pemain kecuali saat berjongkok.

Bila ketahuan, alien tersebut selalu bisa mengejar pemain, karena mereka memang dilengkapi kecepatan berjalan yang lebih bagus daripada punya pemain.

Baca juga: Steam Gelar Winter Sale 2023, Game PC Dijual Mulai Rp 7.000

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com