Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Komentar di TikTok Berwarna Biru yang Bisa Diklik? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 30/12/2023, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Anda mungkin sudah tak asing lagi saat melihat bebeberapa komentar di TikTok berwarna biru dan disertai ikon kecil kaca pembesar atau penelusuran yang tersemat di samping frasa.

Apabila frasa biru tersebut diklik, pengguna akan diarahkan pada hasil pencarian yang relevan dengan frasa tersebut. Lantas kenapa terdapat beberapa fitur beberapa kalimat komentar yang menjadi biru?

Dilansir dari laman Yahoo, ini merupakan bagian dari fitur baru dari TikTok yang bertujuan untuk mengoptimalkan postingan dengan menghubungkan kata kunci ke hasil pencarian. Untuk mengulas lebih lanjut, selengkapnya berikut ini ulasan arti komentar warna biru di TikTok.

Baca juga: 5 Tips Bikin TikTok Live Banyak yang Nonton untuk Pemula

Arti komentar warna biru di TikTok

Ilustrasi komentar biru TikTokKompas.com/soffyaranti Ilustrasi komentar biru TikTok

Seperti pada uraian sebelumnya, bahwa kata atau frasa biru pada komenter tersebut seperti kata kunci yang membantu mencari sesuatu. 

TikTok menggunakan algoritma untuk menemukan kata-kata penting dalam komentar pengguna. Algoritma tersebut kemudian secara otomatis menghubungkan kata-kata tersebut dengan konten yang sesuai. 

Tidak ada pengaturan khusus yang berguna untuk mengaktifkan fitur pencarian ini. Hal ini bisa saja terjadi secara acak. 

TikTok sendiri menjadi salah satu platform dengan pengguna yang banyak. Menurut laporan firma riset Statista, jumlah pengguna TikTok di Indonesia saja tercatat sebanyak 113 juta per April 2023.

Setiap hari, pengguna berbondong-bondong mengunjungi aplikasi untuk mendapatkan tutorial, kiat hidup , kebugaran, dan bahkan saran kesehatan mental yang dibagikan oleh para ahli dan rekan kerja.

Tak hanya itu pengguna biasanya menggunakan aplikasi ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang peristiwa terkini, politik, konflik dunia, dan berita terkini dengan mencari melalui tagar yang sedang tren atau menelusuri FYP (Halaman Untuk Anda) mereka.

Maka dari secara langsung TikTok menjadi mesin pencari layaknya Google yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengakses beragam informasi. Komentar biru ini bisa mengartikan dan memudahkan pengguna mencari konten yang relevan dengan postingan ditonton. 

Dilansir dari HerCampus, fitur komentar biru ini muncul sejak Oktober 2022 bisa menjadi salah satu faktor pengembang berupaya untuk mengoptimalkan platform. TikTok menghubungkan kata kunci tertentu dengan hasil pencarian Google untuk memastikan pengguna mendapatkan inforrmasi yang akurat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com