Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Bikin TikTok Live Banyak yang Nonton untuk Pemula

Kompas.com - 26/12/2023, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - TikTok Live merupakan fitur dari TikTok yang memungkinkan pengguna bisa melakukan siaran langsung di TikTok dengan mudah. Hal ini memudahkan kreator maupun pelaku usaha bisa mempromosikan konten mereka dan berinteraksi secara real-time dengan para audiens/penonton.

Namun bagi pengguna pemula membuat TikTok Live menjadi tantangan tersendiri. Salah satunya penonton yang kurang ramai sehingga keterlibatan kreator dan penonton pun sangta kurang.

Umumnya TikTok Live yang memiliki penonton sendikit bahkan tidak ada, biasanya dikarenakan akun TikTok yang masih memiliki followers sedikit, akun baru, atau pengguna yang kurang mempromosikan siaran langsungnya.

Kendati demikian, bagi Anda yang baru saja mencoba membuat siaran langsung di TikTok, terdapat beberapa tips yang bisa dicoba. Berikut ini KompasTekno merangkum beberapa tipsnya.

Baca juga: Cara Simpan Foto Slide TikTok yang Bisa Digeser, Tanpa Aplikasi Ketiga

Siapkan konten TikTok sebaik mungkin

Anda bisa membuat rancangan konten TikTok Live dengan baik. Misalnya saja merencanakan konten langsung TikTok di kalender konten, dengan menyiapkan draf, skrip video, dan menjadwalkan live streaming rutin.

Pastikan untuk membuat ide-ide kreatif saat siaran langsung. Anda juga bisa memilih judul menarik untuk mempromosikan siaran langsung Anda. Jangan lupa untuk memanfaatkan hashtag yang sedang tren dan relevan dengan konten siaran langsung Anda.

Tentukan waktu terbaik saat siaran langsung

Pilih waktu terbaik untuk mengadakan siaran langsung, sesuai dengan tujuan Anda. Sama seperti menemukan waktu terbaik untuk memposting di TikTok, waktu siaran langsung Anda juga penting untuk mendapatkan lebih banyak penayangan di TikTok Live.

Cara ini mungkin bisa dilakukan dengan percobaan beberapa kali untuk menemukan waktu ideal dalam siaran langsung.

Pastikan koneksi internet lancar

Perlu diketahui bahwa TikTok Live Streaming umumnya harus menggunakan akses internet yang lancar. Internet yang lancar memberikan jaminan siaran langsung di TikTok tidak terputus-putus atau melambat.

Hal ini akan membuat audiens atau penonton lebih nyaman menikmati TikTok Live Streaming dair konten-konten Anda.

Pencahayaan dan tempat siaran langsung terbaik

Selain faktor dalam TikTok, Anda juga harus memperhatikan faktor luar sangat berpengaruh. Sebelum melakukan siaran langsung, pastikan tempat dan pencahayaan untuk live streaming ideal. Hal ini akan memberikan suasana siaran langsung menjadi lebih baik dan mendorong penonton lebih betah menonton.

Selalu berinteraksi dengan penonton

Jangan lupa untuk rajin melakukan interaksi dengan penonton. Salah satunya dengan menjawab komentar pengguna. Bersikap profesional dan ramah karena siaran langsung atau TikTok Live agar penonton tetap nyaman saat menonton live streaming.

Baca juga: Cara Live Streaming TikTok via PC lewat TikTok Live Studio

Syarat TikTok Live

  • Memiliki lebih dari 1.000 pengikut
  • Akun pengguna harus berusia minimal 16 tahun ke atas, namun apabila ingin mengirim dan menerima hadiah (gift) maka pengguna harus berusia 18 tahun ke atas
  • Menggunakan aplikasi TikTok versi terbaru. Pengguna bisa mengecek pembaruan aplikasi secara berkala di App Store (iOS) atau Play Store (Android)

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan TikTok Live

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pemula sebelum melakukan TikTok Live

Tunjukkan perilaku hormat dan bertanggung jawab

Pastikan mengutamakan sikap sopan santun saat melakukan TikTok Live. Tetap bersikap ramah, dan bertanggung jawab dengan berbagai konten yang ditayangkan. Hormati para audiens yang berasa dari berbagai kota atau negara.

Patuhi panduan komunitas TikTok

Sebelum melakukan live streaming pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan (panduan dalam komunitas TikTok). Anda bisa membaca selengkapnya di laman panduan dan komunitan di situs berikut ini.

Hindari plagiarisme atau melanggar hak cipta

Hati-hati dalam penggunaan konten atau ide-ide dalam live streaming. Tetap patuhi kebijakan dan panduan komunitas TikTok, hindari plagiarisme dan melanggar hak cipta agar TikTok Live menampilkan konten yang original.

Cara membuat TikTok Live untuk pemula

Cara TikTok Live untuk pemulaKompas.com/soffyaranti Cara TikTok Live untuk pemula

  • Apabila Anda telah memenuhi persyaratan dalam TikTok Live. Anda bisa memulai live streaming Buka akun TikTok Anda
  • Pada halaman "Beranda" klik tanda (+)
  • Geser menu "Live"
  • Tambahkan judul live streaming, mengatur sampul, atau pilih topik
  • Selanjutnya Anda dapat menambahkan filter maupun produk di live streaming
  • Kemudian klik "Siarkan Live" Anda kini bisa memulai siaran langsung di TikTok

Baca juga: Suasana TikTok Live Setelah Keranjang Kuning Dihapus, Masih Ramai Penjual dan Pembeli

Demikian beberapa tips membuat TikTok Live ramai penonton untuk pemula yang baru saja memulai siaran langsung. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com