Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Find N3 Punya Fitur Kamera "Long Exposure", Apa Gunanya?

Kompas.com - 30/12/2023, 15:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Find N3 hadir dengan sederet fitur kamera andalan untuk memaksimalkan kinerja fotografi. Salah satu fitur yang bisa dibilang menarik adalah Long Exposure.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna memotret suatu obyek dengan durasi yang cukup lama. Secara teknis, Long Exposure akan "memaksa" kamera ponsel untuk menjepret suatu obyek berkali-kali dalam durasi tertentu.

Setelah itu, semua foto yang sudah didapatkan tersebut digabungkan ke dalam satu foto. Sehingga, foto tersebut akan bisa menampilkan pergerakan cahaya dan obyek yang bergerak dalam durasi tertentu pula.

Baca juga: Foto Long Exposure Terlama Dijepret Selama 8 Tahun

Fitur ini bisa dibilang berguna untuk beberapa kondisi. Pada malam hari, misalnya, pengguna Oppo Find N3 bisa menggunakan fitur Long Exposure untuk menangkap lampu-lampu mobil yang bergerak di jalan raya.

Fitur Long Exposure di aplikasi kamera Oppo Find N3.Kompas.com/BILL CLINTEN Fitur Long Exposure di aplikasi kamera Oppo Find N3.

Nantinya, lampu-lampu ini akan tampak seperti garis merah panjang, sebagai hasil dari pergerakan mobil-mobil yang ada dalam obyek tersebut.

Di kondisi lain, fitur Long Exposure di Oppo Find N3 bisa digunakan untuk menangkap suasana air sungai yang mengalir deras. Pada akhirnya, air sungai akan terlihat seperti benang halus, lantaran kamera menangkap air yang sedang mengalir secara terus menerus.

Baca juga: Layar Oppo Find N3 Bisa Dipakai Main 3 Game Sekaligus

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur Long Exposure di Oppo Find N3?

  • Pertama-tama, buka aplikasi kamera.
  • Lalu, geser tampilan menu kamera ke kanan dan pilih menu "More".
  • Setelah itu, pilih menu "Long Exposure".
  • Kemudian, pilih mode pemotretan Long Exposure yang diinginkan. Pilihannya meliputi "Moving vehicles" untuk memotret pergerakan kendaraan, "Water & clouds" untuk memotret pergerakan air dan awan, hingga "Light painting" untuk menghasilkan foto yang fokus di pergerakan cahaya.
  • Pengguna juga bisa menentukan sendiri berapa lama Long Exposure atau kamera akan bekerja memotret obyek berkali-kali. Pilihannya mulai dari 0,5 detik hingga 12 detik.
  • Selain itu, pengguna juga bisa memilih durasi "tak terhingga" supaya Long Exposure terus bekerja dan akan berhenti memotret gambar ketika pengguna memencet tombol shutter.
  • Jika sudah memilih mode atau durasi pemotretan, tekan tombol shutter dan tekan lagi tombol shutter untuk menghentikan pemotretan (khusus opsi durasi tak terhingga).
Hasil foto Long Exposure di Oppo Find N3. Pada aslinya ini merupakan titik merah yang bergerak di jalur berwarna biru. Namun dengan Long Exposure, peregerakan titik merah tersebut akan terekam menjadi garis berwarna merah atau merah muda.Kompas.com/BILL CLINTEN Hasil foto Long Exposure di Oppo Find N3. Pada aslinya ini merupakan titik merah yang bergerak di jalur berwarna biru. Namun dengan Long Exposure, peregerakan titik merah tersebut akan terekam menjadi garis berwarna merah atau merah muda.
Perlu dicatat, pastikan Oppo Find N3 tetap stabil ketika pemotretan Long Exposure. Sebab, hal ini diperlukan supaya hasil akhir foto akan terlihat bagus, tajam, dan tidak buram.
 
Karena Oppo Find N3 merupakan ponsel lipat, maka pengguna bisa melipat setengah ponsel ini (sampai bentuknya menyerupai laptop), serta menaruhnya di permukaan datar ketika fitur Long Exposure bekerja.
 
Artinya, pengguna tak membutuhkan aksesori tripod supaya kamera tetap stabil memotret gambar.

Ingin mencoba fitur Long Exposure di Oppo Find N3? Pengguna bisa membeli ponsel lipat terbaru Oppo ini di toko-toko Oppo terdekat dengan harga Rp 30 juta (16 GB/512 GB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com