Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Engsel Oppo Find N3 Flip Diklaim Tahan hingga 16 Tahun

Kompas.com - 10/12/2023, 15:16 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Find N3 Flip diklaim sebagai ponsel lipat dengan model lipatan ala kulit kerang (clamshell) alias flip terkuat di kelasnya.

Untuk membuktikan ketangguhannya ketika dilipat, ponsel ini sudah mendapatkan sertifikat Reliable Folding dari lembaga sertifikasi dan pengujian ketangguhan produk TUV Rheinland.

Dengan sertifikat Reliable Folding, Oppo mengeklaim Find N3 Flip tahan dibuka-tutup (dilipat) hingga 600.000 kali.

Artinya, pengguna layar atau engsel ponsel lipat tersebut akan tetap dalam kondisi normal (tidak rusak) apabila pengguna memakainya selama 16 tahun.

Baca juga: Hands-on Oppo Find N3 Flip, Lebih Cantik dan Mudah Dibuka-Tutup

Hal ini berdasarkan asumsi apabila pengguna membuka-tutup Find N3 Flip sebanyak 100 kali sehari (16 tahun = 5.844 hari, sehingga 5.844 x 100 kali lipatan = 584.400 kali lipatan).

Standar ketahanan ini lebih tinggi dibanding pendahulu Oppo Find N3 Flip, yaitu Oppo Find N2 Flip, yang diklaim "hanya" tahan dibuka-tutup sebanyak 400.000 kali.

Ilustrasi engsel Oppo Find N3 Flip.Oppo Ilustrasi engsel Oppo Find N3 Flip.

Adapun ponsel lipat ini bisa dibuka tutup hingga 600.000 kali karena kehebatan engsel berteknologi Flexion Hinge generasi ketiga yang memiliki mekanisme yang lebih mulus, kokoh, dan canggih.

Oppo menyebut material engsel ini terbuat dari besi baja yang biasa dipakai di pesawat terbang, dan tingkat ketahanannya diklaim 25 persen lebih kuat dari Flexion Hinge generasi sebelumnya.

Baca juga: Resmi, Ini Harga Oppo Find N3 Flip di Indonesia

Untuk keamanan dan ketahanan maksimal, engsel ini juga turut dipadukan dengan tingkat ketahanan terhadap cipratan air dengan sertifikasi IP rating IPX4. Sertifikasi ini ada berkat teknologi Ingress Protection yang membalut material engsel. 

Selain kuat dan tahan terhadap air, Flexion Hinge di Oppo Find N3 Flip juga bisa membuat desain Oppo Find N3 lebih cantik dan layak disebut sebagai ponsel lipat sesungguhnya. 

Sebab, Flexion Hinge bisa membuat bekas lipatan di layar ponsel ini nyaris tak terlihat, dan jarak antara layar juga bisa dibuat rapat (no gap) ketika ponsel dilipat.

Nah, tertarik memjajal ketangguhan engsel dan layar Oppo Find N3 Flip? Pengguna Indonesia bisa membeli ponsel tersebut dengan harga Rp 16 juta (12 GB/256 GB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com