Foto "Long Exposure" Terlama Dijepret Selama 8 Tahun

Kompas.com - 18/12/2020, 20:04 WIB
Hasil foto long exposure yang memakan waktu selama delapan tahun satu bulan Twitter/@UniofHertsHasil foto long exposure yang memakan waktu selama delapan tahun satu bulan

KOMPAS.com - Regina Valkenborgh, seorang mahasiswa jurusan seni di Universitas Hertfordshire, Inggris berhasil membuat foto yang proses "penjepretannya" memakan waktu sangat lama, mencapai delapan tahun satu bulan.

Jepretan Valkenborgh pun disebut sebagai foto dengan waktu exposure terlama di dunia. Untuk membuatnya, Valkenborgh hanya bermodalkan beberapa alat sederhana berupa kaleng bekas minuman yang telah dilubangi dan satu lembar kertas foto.

Baca juga: Ini 5 Layanan Penyimpanan Foto Alternatif Google Photos

Dari kedua alat tersebut, ia menciptakan sebuah "kamera" sederhana bikinannya sendiri. Mekanisme kerjanya serupa dengan pinhole camera. Lubang pada kaleng berperan untuk meneruskan dan memfokuskan cahaya, yang kemudian ditangkap oleh lembar kertas foto. 

Valkenborgh lantas menaruh kamera kaleng tersebut di Observatorium Universitas Hertfordshire, dengan tujuan untuk menangkap gambar long exposure dari sudut pandang yang statis.

Sejak ditinggalkan pada 2012 lalu, Valkenborgh mengaku terkejut saat mendapati hasil karyanya masih bertahan.

"Saya telah mencoba teknik yang sama selama beberapa kali, namun hasil fotonya sering kali rusak akibat terpengaruh kondisi kelembapan dan kertas fotonya tergulung," tutur Valkenborgh.

Adapun hasil foto tersebut memperlihatkan 2.953 garis cahaya melengkung yang tak lain merupakan pergerakan matahari di langit selama selama delapan tahun satu bulan terakhir, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Pocket Lint, Jumat (18/12/2020).

Baca juga: Pengguna Android Bisa Unggah Foto dan Video ke Google Street View

Teknik long exposure sering kali digunakan oleh para seniman dan fotografer untuk menangkap cahaya karena pergerakan objek dalam waktu lama. Salah satu contohnya foto hujan meteor.

Foto long exposure biasanya hanya berlangsung dalam hitungan menit, tak sampai bertahun-tahun seperti foto ini. Sebelumnya, catatan foto long exposure terlama dibukukan oleh seniman asal Jerman, Michael Wesely, dengan waktu "jepretan" empat tahun delapan bulan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X