Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntut Apple Gara-gara Melanggar Paten, CEO Masimo: Lawan sampai Akhir

Kompas.com - 02/01/2024, 14:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Apple berhenti menjual arloji pintar Watch Series 9 dan Watch Ultra 2 di Amerika Serikat pada akhir Desember 2023.

Hal ini disebabkan oleh keputusan Komisi Perdagangan Internasional (ITC) AS yang mengatakan bahwa jam tangan Apple tersebut melanggar hak paten milik Masimo terkait sensor SpO2 (pemantau oksigen dalam darah).

Masimo adalah perusahaan teknologi kesehatan dan elektronik konsumen yang berbasis di Irvine, California.

CEO Masimo Joe Kiani kini buka suara soal pertarungan hukum dengan perusahaan teknologi paling bernilai di dunia itu. Kiani mengatakan ia bertekad melawan Apple sampai akhir, walau orang-orang di sekitarnya mengatakan dirinya sudah gila mau melawan Apple.

"Mereka mengatakan kepada saya bahwa saya sudah gila dan saya tidak dapat melawan Apple… bahwa mereka memiliki sumber daya yang tidak terbatas," kata Kiani.

Tapi Kiani yakin, dirinya harus melawan Apple sampai akhir.

"Jika saya bisa membuat perusahaan terkuat di dunia menghentikan perilaku tidak pantas, hal ini akan lebih berdampak dibandingkan apa pun yang saya lakukan," lanjut Kiani.

Baca juga: Apple Setop Jual Apple Watch Series 9 dan Watch Ultra 2 di AS, Ini Sebabnya

Kiani mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa Masimo telah menghabiskan sekitar 100 juta dollar AS (sekitar Rp 1,5 triliun) dalam litigasi dengan Apple.

CEO Masimo Joe Kiani berbicara soal gugatan paten perusahaannya terhadap Apple.Bloomberg CEO Masimo Joe Kiani berbicara soal gugatan paten perusahaannya terhadap Apple.
Pertarungan sejak 2020

Pertarungan hukum Masimo vs Apple ini dimulai pada Januari 2020. Ketika itu, Masimo menuduh Apple melakukan "perburuan" terhadap karyawan dan melanggar paten milik Masimo untuk menyempurnakan Apple Watch.

Masimo mengajukan keluhan terhadap Apple, menuduh bahwa perusahaan tersebut telah mencuri rahasia dagangnya dan melanggar 12 hak paten.

Sebagai tanggapan, Apple mengajukan petisi ke Dewan Pengadilan dan Banding Paten (PTAB) untuk 12 paten yang digugat.

Apple dilaporkan menyematkan sensor SpO2 yang dinilai melanggar paten Masimo itu pertama kali di Apple Watch Series 6 pada tahun 2020.

Kemudian sensor SpO2 juga hadir di model Apple Watch andalan Apple generasi selanjutnya hingga yang paling baru Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2.

Pada Oktober 2023, ITC mengeluarkan keputusan bahwa Apple melanggar paten Masimo dalam hal teknologi untuk membaca kadar oksigen darah.

ITC menemukan bahwa jam tangan tersebut melanggar salah satu dari lima paten milik Masimo yang mencakup teknologi oksimetri denyut yang digunakan pada jam tangan tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com