Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Platform Edukasi Online Zenius Tutup Layanan Sementara di Indonesia

Kompas.com - 04/01/2024, 09:22 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.COM - Platform edukasi online Zenius menutup sementara layanannya di Indonesia. Hal ini diumumkan perusahaan bernuasa ungu tersebut melalui sebuah pernyataan resmi, Kamis (4/1/2023).

Menurut pihak Zenius, penutupan sementara ini dilakukan karena adanya "tantangan operasional". Kendati demikian, Zenius tidak membeberkan seperti apa tantangan operasional yang dimaksud. 

"Kami mengambil langkah strategis untuk menghentikan operasi secara sementara," kata pihak Zenius dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (4/1/2024).

Pihak Zenius juga memastikan akan terus berupaya menjalankan dan mewujudkan visinya untuk "merangkai Indonesia yang cerdas, cerah, dan asyik".

Zenius juga tidak merinci sampai kapan penutupan layanan sementara ini dilakukan.

"Saat ini Zenius sedang mengalami tantangan operasional, dan kami sangat menyesal atas ketidaknyamanan yang akan ditimbulkan bagi para pengguna kami," tulis pihak keterangan Zenius.

Belum diketahui bagaimana nasib pengguna maupun mitra Zenius selama masa penutupan.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Tanyakan Nasib Dunia Pendidikan ke Bos ChatGPT

Hadir sejak 2004

Adapun Zenius meulai debutnya pada tahun 2004 di Indonesia. Artinya, perusahaan ini sudah berusia sekitar 20 tahun lamanya. Perusahaan ini menyediakan layanan edukasi secara online untuk berbagai tingkat pelajar, baik itu Sekolah Dasar (SD), mahasiswa, hingga profesional.

Sebelumnya, Zenius melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan pada Mei 2022. Saat itu, sekitar 200 karyawan lebih atau setara 25 persen karyawan terdampak PHK.

Saat itu manajemen berdalih bahwa perusahaan mengalami kondisi makro ekonomi terburuk.

Karyawan yang terkena PHK mendapatkan pesangon sesuai dengan Peraturan dan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia, termasuk asurasi bagi karyawan dan keluarganya.

Zenius juga membantu para karyawan yang terkena PHK, dengan membagikan data pribadi mereka kepada perusahaan atau institusi pendidikan lain dengan persetujuan mereka.

Baca juga: Cerita Para Ibu yang Berikan Gadget ke Anak untuk Hiburan dan Belajar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com