Cerita Para Ibu yang Berikan Gadget ke Anak untuk Hiburan dan Belajar

Kompas.com - 20/09/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Di zaman yang serba digital, gadget atau smartphone bisa dibilang menjadi "pisau bermata dua" bagi anak-anak masa kini.

Sebab, perangkat canggih itu bisa memberikan manfaat, sekaligus mudarat bagi anak-anak yang menggunakannya.

Bisa dibilang, cukup banyak orangtua yang memberikan gadget kepada anak-anaknya yang masih berusia di bawah 5 tahun dengan berbagai alasan. Umumnya, orangtua memberikan gadget ke anak mereka untuk mendukung edukasi dan hiburan.

Seperti yang dilakukan Winna (35 tahun), seorang ibu muda yang tinggal di kawasan Serpong, Tangerang Selatan. Dia mengizinkan anak-anaknya yang berusia di bawah 5 tahun untuk bermain smartphone.

Baca juga: Perlukah Anak-anak Main Gadget?

"Tujuan saya untuk memberikan smartphone ke anak supaya anak bisa bermain atau melihat video kreatif di sela waktu bermainnya. Sebab, pemakaian smartphone ke anak saat ini tidak bisa kita hindari," ujar ibu empat anak ini.

Sama seperti Winna, ibu asal Bekasi bernama Sri (29 tahun) dan Watini (29 tahun) juga kompak mengatakan bahwa pemberian gadget kepada anak perlu untuk perkembangan ilmu pengetahuannya.

"Karena dari gadget, anak juga akan mendapatkan ilmu atau pengetahuan yang orangtua tidak tahu," imbuh Eka.

Berbeda dengan Winna dan Sri, ibu asal Jakarta Timur bernama Eka (29 tahun) sebenarnya memberikan anaknya gadget untuk bermain. Namun, intensitas pemberiannya tidak terlalu sering, dan bahkan mendekati jarang.

"Tidak terlalu sering memberikan gadget, karena agar anak belajar disiplin dan tahu waktu," sebut ibu satu anak itu.

Baca juga: Begini Cara Mengenalkan Smartphone pada Anak Usia Dini Menurut Psikolog

Konten dan durasi bermain gadget dibatasi

Keempat ibu ini kompak mengatakan bahwa konten-konten yang diakses anak-anaknya merupakan konten atau video kreatif, seperti konten bermain, bernyanyi, kegiatan seru, dan lain sebagainya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.