Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutinitas Sam "ChatGPT" Altman, Puasa 15 Jam dan Lebih Suka Meeting Sore

Kompas.com - 05/01/2024, 14:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bos OpenAI sekaligus pendiri chabot AI ChatGPT, Sam Altman, ternyata punya kebiasaan dan rutinitas untuk membuat dirinya produktif sambil tetap menjaga kesehatannya. Hal ini meliputi seperti kebiasaan tidur, jadwal kerja, serta pola makannya.

Dalam sebuah posting blog pada tahun 2018, Altman pernah menceritakan bagaimana kebiasaannya sehari-hari. Ia mengatakan dirinya jarang sarapan. Biasanya dia akan minum espresso segera setelah bangun tidur. Dengan kebiasaan ini, dia biasanya berpuasa sekitar 15 jam hampir setiap harinya.

Hari kerjanya dimulai dengan membaca e-mail. Altman mengaku menghindari membuat jadwal pertemuan di pagi hari. Sebab, ia merasa ia paling produktif di pagi hari.

Pendiri ChatGPT ini lebih suka mengadakan meeting atau rapat di sore hari. Durasi waktunya pun selama 15-20 menit atau 2 jam.

"Saya menemukan sebagian besar meeting paling baik dijadwalkan selama 15-20 menit, atau 2 jam. Durasi 1 jam biasanya justru menyebabkan banyak waktu terbuang," tulis Sam Altman.

Altman lebih senang bekerja di kantor. Ia juga lebih senang memberikan waktunya untuk pertemuan spontan dan pembahasan ide-ide baru atau hal-hal baru yang harus dikerjakan.

Altman termasuk orang yang senang membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan/dicapainya setiap tahun, setiap bulan, san setiap hari di atas kertas dibandingkan secara digital.

Baca juga: Bos ChatGPT Sam Altman Jadi CEO of The Year Versi Majalah Time

Vegetarian, hindari makan pedas & gula

Altman mengatakan dia telah menjadi vegetarian sejak dia masih kecil. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, vegetarian diartikan sebagai orang yang tidak makan daging tetapi mengonsumsi sayuran dan hasil tumbuhan lainnya.

Ia juga sering minum protein shake untuk melengkapi dietnya, meskipun dia membencinya. Dia juga akan minum espresso lagi setelah makan siang.

Ada beberapa jenis makanan yang dihindari oleh Altman seperti masakan yang sangat pedas atau apa pun yang mungkin "memperburuk" pencernaannya. Pria kelahiran 22 April 1985 ini juga berusaha menghindari makan terlalu banyak mengandung gula.

Tidur adalah pondasi

Altman mengatakan tidur adalah salah satu hal terpenting yang dia butuhkan agar bisa produktif. Sebelum tidur, Altman menghindari makan terlalu banyak dan tidak minum alkohol.

Altman mengatakan, ia menggunakan pelacak tidur dan lebih memilih "ruangan yang dingin, gelap, dan tenang" dengan kasur yang bagus. Jika suhu ruangannya tidak cukup dingin, katanya, dia akan menggunakan bantalan pendingin.

Baca juga: iPhone Sam Altman Nge-Hang Setelah Kabar Dipecat dari OpenAI

Altman juga tidak melewatkan olahraga. Pria berusia 38 tahun ini lebih suka olahraga angkat beban berat tiga kali seminggu selama satu jam. Altman juga sesekali melakukan latihan interval intensitas tinggi (HIIT).

“Selain peningkatan produktivitas, program olahraga ini juga yang membuat saya merasa (dalam kondisi) paling baik secara keseluruhan," kata Altman, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BusinessInsider, Jumat (5/1/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com