Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 05/01/2024, 15:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP kiranya menjadi salah satu panduan yang perlu diketahui pengguna. Cara tersebut dibutuhkan terutama ketika pengguna tak sengaja menghapus foto dari galeri HP dan ingin mengembalikannya.

Sudah menjadi hal yang umum jika HP sekarang dijadikan sebagai perangkat untuk mengambil sekaligus menyimpan foto. Dengan HP, pengguna bisa mengambil foto dan menyimpannya di galeri secara mudah dan praktis.

Baca juga: Cara Pindahkan Video dan Foto dari Android ke iPhone Pakai Google Photos

Akan tetapi, keteledoran dalam menggunakan HP bisa membuat foto yang tersimpan di dalamnya terhapus. Dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja tidak sengaja menghapus foto momen berharga dari HP

Foto bisa bersifat penting karena menyimpan kenangan yang berharga bagi pengguna. Kehilangannya mungkin bakal membuat pengguna bingung dan sedih. Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara mengembalikan foto yang terhapus di HP.

Foto yang terhapus di HP pada dasarnya bisa dilihat atau dikembalikan lagi. Jadi, pengguna tak perlu langsung panik ketika tak sengaja menghapus fotonya di HP. Lantas, bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di HP?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara melihat foto yang terhapus di HP dan mengembalikannya lagi dengan mudah dan praktis.

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP

Cara melihat foto yang terhapus di HP dan mengembalikannya itu sejatinya cukup mudah. Ada beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP, yang bisa dilakukan pengguna dengan mudah dan praktis.

Salah satunya yang paling mudah adalah pengguna bisa mencari foto yang telah terhapus di folder Recycle Bin. Kemudian, pengguna juga bisa mengembalikan foto yang terhapus di HP melalui beberapa layanan Cloud.

Adapun penjelasan yang lebih lengkap soal beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP adalah sebagai berikut.

1. Cek di folder Recycle Bin

Sebagaimana sempat disebutkan di atas, cara mengembalikan foto yang terhapus di HP yang pertama adalah dengan memeriksa di folder Recycle Bin. Folder Recycle Bin itu bisa ditemukan di galeri masing-masing HP.

Setelah foto dihapus, foto itu sebetulnya belum dihapus secara penuh dari HP. Foto itu masih tersimpan di folder Recycle Bin dalam kurun waktu tertentu (biasanya 30 hari sejak dihapus) dan bisa dipulihkan kembali.

Di tiap HP, cara mengakses folder Recycle Bin untuk foto itu bisa berbeda-beda.
Misalnya, jika di HP Android Xiaomi, pengguna bisa mengakses menu “Album” pada aplikasi galeri foto. Setelah itu, pilih menu “Item terhapus” untuk mengakses folder Recycle Bin.

Kemudian, di folder tersebut, pengguna bakal bisa melihat semua foto yang terhapus dan mengembalikannya ke galeri HP.

Baca juga: 3 Cara Ubah Foto ke Dokumen PDF Tanpa Aplikasi via HP Android dan IPhone

2. Cek di Google Photos

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP yang kedua adalah dengan memeriksa di Google Photos. Sebagai informasi, Google Photos merupakan layanan Cloud untuk menyimpan dan berbagi foto.

Google Photos bisa melakukan sinkronisasi foto yang ada di galeri untuk disimpan di Cloud. Saat sudah tercadangkan di Google Photos, pengguna bisa memulihkan foto kapan pun. Google Photos biasanya akan otomatis aktif di HP Android saat pengguna sudah login akun Google.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com