Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Internet, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 19/12/2023, 16:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pemakaian WiFi untuk mengakses internet di berbagai perangkat, baik HP maupun laptop, tak selamanya berjalan lancar. Ada kalanya pengguna menjumpai salah satu masalah yang umum terjadi, yakni WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan.

Perangkat yang sudah terhubung WiFi normalnya bisa langsung dipakai mengakses internet. Namun, dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja mengalami kesulitan mengakses internet di HP atau laptop, walaupun perangkat tersebut telah tersambung WiFi.

Baca juga: 4 Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung di Berbagai Perangkat, Mudah

Saat masalah tersebut terjadi, pengguna mungkin bakal kerepotan. Namun, pengguna tak usah khawatir saat mengalami masalah WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan. Pasalnya, terdapat cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet di perangkat.

Lantas, bagaimana cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet di perangkat? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet.

Penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya untuk memahami dulu penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan. Lantas, kenapa WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di perangkat?

Ada banyak penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan. Adapun salah satu penyebab yang paling umum adalah terdapat gangguan pada sistem router sebagai perangkat untuk membagikan WiFi.

Kemudian, penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di laptop juga bisa ditimbulkan karena gangguan yang terdapat pada sistem laptop itu sendiri.

Selain itu, penyebabnya juga bisa datang dari gangguan pada penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP). Itulah beberapa penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan.

Gangguan-gangguan yang membuat WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan tersebut pada dasarnya bisa diatasi secara mandiri oleh pengguna dengan mudah dan praktis.

Setelah memahami penyebab tersebut, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai beberapa cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet di perangkat.

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet

Ada beberapa cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet di perangkat. Adapun cara umum yang dapat dilakukan adalah dengan restart router. Cara ini dilakukan untuk menyegarkan kembali sistem perangkat router yang mengalami gangguan.

Kemudian, pengguna juga bisa memilih channel WiFi yang tidak ramai, sehingga dapat mengakses internet di perangkat dengan lancar. Adapun beberapa cara mengatasi WiFi terhubung tapi ada internet di perangkat adalah sebagai berikut.

1. Matikan dan hubungkan kembali WiFi pada perangkat

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet yang pertama adalah dengan mematikan dan menghubungkan kembali WiFi pada perangkat.

Tindakan ini dapat menyegarkan kembali sistem yang terganggu saat proses menghubungkan WiFi dan perangkat, baik HP maupun laptop

Pengguna bisa mematikan sejenak sambungan WiFi yang ada di perangkat Kemudian, tunggu beberapa saat, lalu aktifkan kembali koneksi WiFi pada perangkat. Setelah itu, coba lagi untuk menghubungkan perangkat dengan koneksi WiFi dari perangkat router.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com