Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Makin Sulit Jualan iPhone di China

Kompas.com - 09/01/2024, 15:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penjualan Apple iPhone di China dilaporkan anjlok lebih dari 30 persen dari tahun ke tahun pada minggu pertama 2024. Hal ini dilaporkan perusahaan analis keuangan, Jefferies Group.

Akibat penurunan volume penjualan, pangsa pasar (market share) Apple dilaporkan juga turun sekitar 4 persen dari tahun ke tahun pada 2023. 

Apple tampaknya sudah berusaha menggenjot penjualan iPhone dengan memberikan diskon sebesar 16 persen untuk model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max di marketplace Pinduoduo pada minggu pertama tahun 2024.

Namun, usaha ini tampaknya belum berhasil. Pasalnya, menurut analis Jefferies, penurunan penjualan masih terjadi.

Analis Jefferies Group meyakini bahwa penurunan penjualan iPhone pada 2023 itu merupakan pertanda meningkatnya tekanan persaingan dari rival vendor lokal, seperti Huawei, misalnya.

"Penurunan pangsa pasar iPhone YoY di China merupakan kejutan negatif. Kami yakin kanibalisasi tidak hanya datang dari Huawei, tapi juga Xiaomi dan vendor lain,” kata para analis.

Baca juga: Apple Bayar Ganti Rugi ke Pemilik iPhone Lawas, Masing-masing Rp 1,4 Juta

Efek Huawei

Para analis mengatakan Huawei berhasil mengamankan pangsa pasar ponsel pintar terbanyak di China pada tahun 2023.

Meski tak disebut besaran pangsa pasarnya, analis menyebut market share Huawei meningkat sekitar 6 persen dari tahun ke tahun pada 2023. Performa positif Huawei diyakini berkat lini seri Huawei Mate 60 series yang terdiri dari Mate 60 dan Mate 60 Pro pada Agustus 2023.

Peluncuran iPhone 15 series terjadi dua minggu setelah peluncuran Huawei Mate 60 Pro. Para analis menyebutkan, rasa patriotisme mendorong orang China untuk memilih produk baru Huawei Mate 60 series ini.

Pasalnya, ponsel flagship ini dipandang sebagai penanda kembalinya Huawei ke pasar ponsel pintar kelas atas setelah bertahun-tahun menerima sanksi AS yang "menghambat" kemajuan Huawei, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Selasa (9/1/2024).

Makin sulit

Menurut analis Jefferies, Apple kemungkinan akan menghadapi tekanan kompetitif yang lebih besar dari pesaing domestik China sepanjang tahun 2024.

Baca juga: Hati-hati, iOS 17.3 Beta Bikin iPhone Nge-Hang

Analis memprediksi volume pengiriman Apple akan terus menurun sebesar dua digit pada tahun 2024. Sementara Huawei diperkirakan akan terus memperoleh pangsa pasar.

Secara khusus, analis memperkirakan bahwa Huawei akan mengirimkan (shipment) sekitar 64 juta unit ponsel pintar ke seluruh dunia pada tahun 2024, naik dari pengapalan 2023 yang diramalkan kurang dari 35 juta unit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com