Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Pamer Laptop ThinkBook 13x Gen 4, Cover Bisa Berubah Warna

Kompas.com - 10/01/2024, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lenovo mengumumkan jajaran laptop terbarunya di pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), Selasa (9/1/2024).

Laptop anyar yang dipamerkan Lenovo berasal dari seri ThinkBook, salah satunya yaitu ThinkBook 13x Gen 4. Laptop ini terbilang menarik karena dibalut dengan cover yang bisa gonta-ganti warna.

Kemampuan itu hadir di laptop ini berkat dukungan layar e-ink alias kertas elektronik pada cover laptop, khususnya e-ink prism. Secara teknis, layar e-ink prism bisa menampilkan delapan warna berbeda dan memadukannya dalam pola apapun yang diinginkan.

Layar ini juga diklaim bisa menjembatani kesenjangan antara material tradisional dengan teknologi digital.

Menurut Lenovo, teknologi e-ink di ThinkBook 13x Gen 4 bisa menunjang hingga 1.000 gambar yang berbeda, sehingga pengguna bisa membuat tampilan luar laptop sesuai keinginan.

Baca juga: Laptop Lenovo Thinkbook Terbaru Gabungkan OS Windows dan Android

Meski bukan panel layar seperti layar utama laptop, e-ink prism mampu menampilkan konten dengan jernih dan tajam. Apalagi teknologi ini juga hemat daya, sehingga diklaim Lenovo tidak akan memengaruhi masa pakai baterai laptop, walaupun laptop dalam keadaan mati.

ThinkBook 13x Gen 4Lenovo ThinkBook 13x Gen 4

Laptop dengan layar e-ink juga sudah pernah dipamerkan Lenovo lewat ThinkBook Plus Gen 4 di tahun lalu.

Namun, kali ini Lenovo mencoba menerapkan e-ink ke ThinkBook 13x Gen 4 yang tipis, dengan ketebalan hanya 0,51 inci atau sekitar 13 mm. Lebih tipis dibanding ThinkBook Plus Gen 4 17,7 mm.

Selain tipis, bodi ThinkBook 13x Gen 4 juga ringan, hanya 2,2 pon atau sekitar 907 gram.

Soal spesifikasinya, ThinkBook 13x Gen 4 dilengkapi layar utama 13,5 inci, resolusi 2,8K dan refresh rate 120 Hz. Dapur pacunya ditenagai prosesor Intel Core Ultra.

Baca juga: Laptop Layar Putar Lenovo ThinkBook Plus Twist Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya

Menurut Lenovo, laptop ini dibekali baterai 74 Whr. Dengan kapasitas tersebut, laptop ini diklaim bisa memutar video sampai 21 jam atau browsing selama 11,4 jam.

ThinkBook 13x Gen 4 juga didukung fitur yang disebut Magic Bay. Fitur ini memungkinkan pengguna memasang aksesori modular tambahan yang didukung, misalnya kamera, speaker hingga layar ekstra.

Sayangnya Lenovo belum mengumumkan kapan ThinkBook 13x Gen 4 diluncurkan. Namun laptop ini akan tersedia mulai kuartal pertama tahun ini. Harganya mulai 1.399 dollar AS (sekitar Rp 21 juta) dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Rabu (10/1/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com