Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Lenovo Thinkbook Terbaru Gabungkan OS Windows dan Android

Kompas.com - 09/01/2024, 11:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Dalam ajang pameran teknologi tahunan, Consumer Electronics Show (CES) 2024 yang diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), Lenovo memperkenalkan laptop konvertibel 2-in-1 dari seri Thinkbook terbaru, yakni ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid.

ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid menjadi laptop yang menjalankan sistem operasi ganda, yakni Windows dan Android secara bersamaan.

Pertimbangkan menggabungkan dua OS berbeda karena Lenovo melihat keduanya punya kekurangan dan kelebihannya untuk masing-masing form factor.

Baca juga: Laptop Layar Putar Lenovo ThinkBook Plus Twist Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya

Misal, sistem operasi Android memiliki antarmuka (UI/User Interface) layar sentuh yang lebih baik ketimbang Microsoft. Sebaliknya, antarmuka Windows cocok sebagai desktop dan punya tampilan yang lebih baik daripada Android.

Ilustrasi Lenovo ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid yang dapat dilepas-pasang untuk beralih dari mode laptop-mode tabletLenovo Ilustrasi Lenovo ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid yang dapat dilepas-pasang untuk beralih dari mode laptop-mode tablet

Sebagai laptop konvertibel 2-in-1, Lenovo ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid bisa diubah dalam bentuk laptop dan tablet.

Ketika dalam mode laptop, alias bagian layar dan papan ketik (keyboard) tersambung, ThinkBook Plus Hybrid akan menjalankan OS Windows, layaknya laptop pada umumnya.

Nah, ketika layar dilepas dari keyboard, layar tersebut akan otomatis berubah menjadi tablet dan menjalankan OS Android. Ringkasnya, layar dan papan ketik yang awalnya menyatu, dapat dilepas-pasang menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Perpindahan antara sistem operasi Windows ke Android juga berlangsung seamless (mulus). Bila ingin berpindah dari mode laptop ke tablet, pengguna hanya perlu sedikit menarik layar untuk melepasnya dari keyboard, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (9/1/2024).

Spesifikasi ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid

Tampilan layar dari Lenovo ThinkBook Plus Gen 5 HybridThe Verge Tampilan layar dari Lenovo ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid

Sebagai laptop yang menjalankan sistem operasi ganda, Lenovo membagi dua sektor dapur pacunya. Bagian tengah ke bawah digunakan untuk menyematkan prosesor yang menunjang kinerja OS Windows, sedangkan tengah ke atas menggunakan chipset untuk Android.

Pada bagian bawah, ThinkBook Plus Hybrid ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra 7 dan kartu grafis (GPU) Intel Arc yang dipadankan dengan RAM 32 GB, storage 1 TB SSD, dan disokong baterai 75 Whr.

Baca juga: Laptop Convertible Lenovo ThinkBook 14S Yoga Gen 3 Resmi di Indonesia

Sementara itu, ketika dalam mode tablet, perangkat diotaki oleh chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang dipadukan dengan RAM 12 GB, storage (penyimpanan) 256 GB. Soal layar, ThinkBook Plus Hybrid dilengkapi layar berpanel OLED 14 inci dengan resolusi 2,8K.

Menyoal bagian software, cara kerja antara Windows dan Android tidak begitu mulus. Sebab, sistem operasi Windows dan Android tidak saling terintegrasi.

Contohnya, ketika pengguna menggunakan mode laptop untuk membuat presentasi, kemudian ingin beralih ke mode tablet dan melanjutkan pekerjaan, hal tersebut tidak dapat dilakukan. Sebab, seperti yang disebut sebelumnya, kedua OS tidak saling terintegrasi.

Untuk menangani masalah tadi, pengguna harus memindahkan file presentasi yang dimaksud, alias copy-paste file, dari OS Windows ke Android secara manual. Lenovo kemungkinan akan mengatasi masalah ini dalam update OS di masa mendatang.

Bagian punggung dari laptop Lenovo ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid yang terdapat pen stylus magnet dan dua kamera belakangThe Verge Bagian punggung dari laptop Lenovo ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid yang terdapat pen stylus magnet dan dua kamera belakang

ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid juga akan dilengkapi pen digital (stylus). Pen digital tadi dapat dilengkapi dengan magnet sehingga bisa ditempelkan ke punggung laptop. Nah di bagian punggung, tablet juga dilengkapi dua kamera belakang.

Kamera tersebut dibenamkan dalam satu modul persegi panjang yang diposisikan vertikal. Konfigurasi kameranya meliputi kamera 13 MP dan kamera MIPI 5 MP.

Fitur pendukung lainnya termasuk dua speaker Harman Kardon, pemindai sidik jari untuk sistem keamanan perangkat, dua port USB-C Thunderbolt 3, satu port combo audio jack, satu port USB-C, koneksi Wi-Fi 6E, dan Bluetooth 5.2 (WIndows) dan Bluetooth 5.3 (Android).

ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid dikabarkan akan segera dirilis pada kuartal II-2024, atau sekitar awal April hingga akhir Juni tahun ini. Banderol harganya akan dimulai dari 1.999 dollar AS (sekitar Rp 31 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com