Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Pamer TV Transparan yang Bisa "Menghilang"

Kompas.com - 10/01/2024, 08:31 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi


KOMPAS.com
- Perusahaan-perusahaan teknologi jor-joran memamerkan produk terbarunya dalam ajang pameran teknologi tahunan, Consumer Electronics Show (CES) 2024. Pabrikan elektronik asal Korea Selatan, LG, turut melakukan hal serupa.

Dalam acara tersebut, LG memamerkan smart TV terbarunya, yaitu LG Signature OLED T. Perangkat ini memiliki sebuah keunikan, yakni bisa "menghilang" alias berubah menjadi transparan.

Mode transparan akan aktif ketika televisi sedang tidak digunakan. Pengguna pun dapat melihat panel yang tembus pandang sehingga memperlihatkan corak dinding, dekorasi rumah, atau pemandangan di belakangnya.

Baca juga: Baru Diperkenalkan, LG Gram Pro 2-in-1 Pegang Rekor Laptop 16 Inci Teringan

Layar LG Signature OLED T memang tembus pandang karena menggunakan panel OLED transparan sesuai namanya.


Televisi ini memiliki contrast film yang bisa dinaik-turunkan. Fungsinya adalah sebagai latar belakang hitam agar perangkat bisa berfungsi layaknya TV konvensional yang tidak tembus pandang. Saat contrast film diturunkan, pandangan pun tembus ke belakang.

LG Signature OLED T bisa ditonton tanpa contrast film, namun konten ditampilkan melayang di background transparan sehingga tampak unik, mirip efek hologram.

Ilustrasi layar LG Signature OLED T yang tengah berubah menjadi transparanYouTube/LG Ilustrasi layar LG Signature OLED T yang tengah berubah menjadi transparan

Tidak keseluruhan televisi LG Signature OLED T berubah menjadi transparan, karena bagian bezel dan frame masih tampak seperti sedia kala, seperti terlihat dalam sebuah video demonstrasi yang diunggah LG ke YouTube.

Televisi dapat diatur agar menampilkan banner kecil di sisi bawah layar yang membentang secara horizontal untuk menampilkan informasi seperti waktu, cuaca, dan suhu di luar ruangan.

LG Signature OLED T juga menyediakan mode khusus yang dapat menyulap televisi menjadi serupa akuarium, lengkap dengan ikan-ikan. Di bagian belakang TV terdapat rangkaian lampu LED untuk menambah estetika lewat efek pencahayaan di tembok.

TV transparan, koneksi wireless

Dengan mode layar yang bisa berubah transparan, LG Signature OLED T dapat dimanfaatkan pengguna untuk menyeleraskan dekorasi dan interior di dalam rumahYouTube/LG Dengan mode layar yang bisa berubah transparan, LG Signature OLED T dapat dimanfaatkan pengguna untuk menyeleraskan dekorasi dan interior di dalam rumah

LG Signature OLED T memiliki diagonal 77 inci dan ditenagai prosesor AI Alpha 11 LG yang diklaim memiliki kinerja empat kali lebih tinggi dari chip TV generasi sebelumnya.

Perangkat ini menerima sinyal video dan audio secara wireless dari set top box terpisah bernama Zero Connect Box. Boks ini bisa diletakkan berjauhan dari perangkat televisi, hingga 30 kaki atau sekitar 9 meter, selama memiliki jarak pandang langsung ke TV.

Baca juga: LG Umumkan Jajaran TV QNED 2024 dengan Dukungan AI

Pengguna kemudian bisa menghubungkan aneka perangkat yang memiliki output display ke Zero Connect Box untuk ditransmisikan secara nirkabel ke LG Signature OLED T, seperti streaming box atau konsol game.

Dihimpun KompasTekno dari Life Hacker, Rabu (10/1/2023), LG berencana merilis televisi Signature OLED T tahun ini, namun tanggal pastinya masih belum diungkapkan, begitu pula dengan banderol harganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com