Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Pamer Laptop dengan Layar Kembar yang Bisa Dilipat

Kompas.com - 11/01/2024, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asus memperkenalkan laptop terbaru mereka, Zenbook Duo (2024) dalam gelaran pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat, Selasa (9/1/2024).

Seperti namanya, laptop ini memiliki layar ganda. Namun, konsep layarnya berbeda dari pendahulunya.

Tahun lalu Zenbook Duo hadir dengan dua layar di mana layar sekundernya berukuran lebih kecil dibanding layar utama. Nah, Zenbook Duo yang dipamerkan di CES 2024 punya layar sekunder yang ukurannya sama seperti layar utama laptop, yaitu 14 inci.

Dua layarnya terhubung, seperti buku dan bisa dilipat. Layar kedua laptop ini juga bisa difungsikan sebagai keyboard digital.

Meski terdengar meragukan, jurnalis Joe Maldonado dari outlet media Mashable yang menajajal perangkat ini menyebut bahwa pengalaman keyboard digital yang ditawarkan layar kedua Zenbook Duo di CES 2024 terasa nyaman.

Lantas di mana keyboard fisiknya? Nah, keyboard fisik Zenbook Duo ditopang oleh layar kedua laptop. Jadi, layar kedua ketika tidak dipakai, tersembunyi di bawah keyboard.

Secara umum, laptop ini mendukung lima mode, meliputi mode laptop, layar ganda tanpa keyboard atau dengan keyboard, desktop mode dan sharing mode. Rincian modenya bisa dilihat pada gambar berikut.

Baca juga: Asus ROG Phone 8, ROG Phone 8 Pro, dan ROG Phone 8 Pro Edition Resmi, Ini Harganya

Ragam mode yang didukung Asus Zenbook Duo (2024)Asus Ragam mode yang didukung Asus Zenbook Duo (2024)
Ketika pengguna memakai laptop ini dalam mode layar ganda dibentangkan, pengguna bisa menjalankan dua aplikasi terpisah di masing-masing layar.

Misalnya layar utama untuk memutar video di Youtube dan layar kedua untuk membuat catatan di Google Docs.

Bisa pula dipakai untuk menampilkan tampilan yang sama, tetapi dalam orientasi yang lebih luas.

Sebagai informasi, Asus juga menyertakan komponen penyangga layar untuk menopang layar kedua ketika dua layar Zenbook Duo dibentangkan.

Asus Zenbook Duo (2024)Asus Asus Zenbook Duo (2024)

Soal spek teknisnya, Zenbook Duo dilengkapi dengan layar ganda OLED 14 inci, resolusi 3K. Kedua layarnya juga mendukung refresh rate 120 Hz dan kecerahan sampai 500 nits.

Laptop ini juga didukung pena digital alias stylus Asus Pen 2, untuk menavigasi atau berkreasi di layar laptop. Namun aksesori ini di beberapa negara dijual terpisah.

Pada aspek hardware, laptop ini ditenagai prosesor Intel Core Ultra, RAM sampai 32 GB serta penyimpanan berjenis SSD hingga 2 TB. Daya tahannya ditunjang baterai 75 WHrs dengan pengisian ulang yang didukung USB-C.

Baca juga: Asus Vivobook Pro 16x OLED K6604 Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Laptop ini juga dilengkapi kamera FHD dengan dukungan inframerah untuk menunjang fitur Windows Hello. Untuk aspek audio, Zenbook Duo dibekali speaker harman/kardon.

Urusan konektivitas, Zenbook Duo menawarkan dua port Thunderbolt 4, colokan audio 3,5 mm, HDMI 2.1 dan USB 3.2 Gen 1 type-A. Laptop ini juga mendukung WiFi 6E, Bluetooth 5.3 dan berjalan dengan sistem operasi Windows 11, dihimpun KompasTekno dari situs web Asus.

Harga Asus Zenbook Duo dibanderol mulai 1.400 dollar AS atau setara sekitar Rp 21,8 juta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable Kamis (11/1/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com