Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus ROG Ally Z1 Versi "Murah" Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 24/11/2023, 17:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konsol game berbasis Windows Asus ROG Ally versi yang lebih murah, kini sudah bisa dibeli di Indonesia. Disebut versi murah karena ROG Ally yang diboyong kali ini menggunakan prosesor AMD Ryzen Z1 "reguler".

Prosesor tersebut lebih rendah bila dibandingkan Ryzen Z1 Extreme, yang menenagai Asus ROG Ally yang sudah tersedia di Tanah Air sejak Juni lalu.

Karena memakai chip yang lebih rendah, harga ROG Ally dengan Ryzen Z1 juga dijual lebih murah. Konsol Windows Asus ROG Ally Ryzen Z1 "reguler" di Indonesia dibanderol dengan harga Rp 9.599.000.

Angka ini lebih murah dari harga yang diumumkan saat peluncuran ROG Ally pertama kali di Indonesia. Saat itu, Asus menyebut ROG Ally versi Ryzen Z1 ini akan dijual sekitar Rp 10 jutaan.

"Setelah sukses menghadirkan ROG Ally yang ditenagai prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme, Asus Republic of Gamers (ROG) mengumumkan ketersediaan varian ROG Ally yang menggunakan prosesor AMD Ryzen Z1," kata pihak Asus dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (24/11/2023). 

Sebagai perbandingan, harga konsol game Windows Asus Ryzen Z1 Extreme dibanderol dengan harga Rp 11.299.000.

Meski chipnya berbeda, Asus ROG Ally dengan Ryzen Z1 "reguler" membawa desain yang sama persis seperti versi Extreme.

Asus ROG Ally Ryzen Z1 sudah bisa dibeli lewat toko daring Asus Indonesia serta sejumlah marketplace rekanan Asus di Tanah Air.

Spesifikasi Asus ROG Ally Ryzen Z1

Secara tampilan, Asus ROG Ally memiliki desain mirip dengan Steam Deck. Sehingga ROG Ally digadang menjadi pesaing dari konsol buatan Steam tersebut.

Baca juga: Western Digital Luncurkan SSD WD Black SN770M untuk Steam Deck dan ROG Ally

Konsol game Windows Asus ROG Ally versi murah ditenagai oleh AMD Ryzen Z1 "reguler". AMD Ryzen Z1 memiliki prosesor (CPU) Zen 4 yang terdiri dari 6 inti (core) dan 12 threads, serta 3 unit pengolah grafis (GPU) berbasis RDNA 3.

Sebagai pembanding, AMD Ryzen Z1 Extreme memiliki CPU Zen 4 dengan 8 core dan 16 threads serta 12 unit GPU RDNA 3.

Di atas kertas, AMD Ryzen Z1 menawarkan performa pemrosesan hingga 2,8 teraflops, sedangkan versi "Extreme" menawarkan performa hingga 8,6 teraflops.

Ini artinya, Asus ROG Ally Z1 Extreme memiliki performa dan kinerja pemrosesan yang sedikit lebih unggul dibanding ROG Ally Z1 biasa.

Terlepas dari perbedaan tersebut, konsol game Windows Asus ROG Ally Z1 juga bisa dipasang GPU eksternal Asus XG Mobile melalui slot khusus yang tersedia pada konsol, sama seperti ROG Ally Z1 Extreme.

Asus ROG Ally Z1 sama seperti versi Z1 Extreme, memiliki layar sentuh 7 inci beresolusi full HD. Layar ini didukung refresh rate 120 Hz dan kecerahan 500 nit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com