Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honor MagicOS 8 Meluncur, Diklaim UI Berbasis "Niat" Pertama di Dunia

Kompas.com - 11/01/2024, 10:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vendor ponsel asal China, Honor mengumumkan sistem antarmuka terbaru bikinannya, yakni MagicOS 8.0 berbasis Android 14 pada Rabu (10/1/2024).

Yang spesial, MagicOS 8.0 ini hadir dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dengan model bahasa besar MagicLM.

Dengan tujuh miliar parameter, MagicLM disebut dapat bekerja di tingkat platform, memanfaatkan pemrosesan data perangkat untuk meningkatkan privasi.

MagicOS 8.0 juga digembar-gemborkan sebagai antarmuka mobile yang berbasis "niat" alias Intent-based user interface (IUI) pertama di dunia.

Menurut Honor, MagicOS 8.0 dapat menafsirkan bahasa, gambar, gerak tubuh, dan gerakan mata untuk memahami maksud pengguna dan menawarkan layanan secara proaktif.

Jadi, alih-alih bertindak berdasarkan permintaan, MagicOS 8.0 memberikan layanan sesuai dengan niat pengguna (intent-based).

Baca juga: Honor X50 GT Meluncur, Pakai Chipset Keluaran 2022

Contohnya, pengguna sedang melihat review ponsel Honor Magic5 Pro. Maka MagicOS 8.0 akan berpikir, pengguna ingin membeli ponsel tersebut sehingga IUI otomatis akan membawa pengguna ke situs penjualan ponsel tersebut.

Honor Magic Portal di MagicOS 8 memungkinkan pengguna menyeret dan melepaskan reservasi pemesanan dari aplikasi perjalanan ke aplikasi peta di ponsel untuk mendapatkan petunjuk arah ke tempat tersebut.Honor Honor Magic Portal di MagicOS 8 memungkinkan pengguna menyeret dan melepaskan reservasi pemesanan dari aplikasi perjalanan ke aplikasi peta di ponsel untuk mendapatkan petunjuk arah ke tempat tersebut.
Fitur baru lainnya yang memanfaatkan MahicLLM dan IUI adalah adalah Magic Portal. Fitur ini menawarkan rekomendasi pintasan aplikasi dan layanan berbasis konteks melalui gestur geser ke samping.

Saat peluncuran, Magic Portal mendukung lebih dari 100 aplikasi populer di China yang terdiri dari aplikasi perjalanan, produktivitas, media sosial, pencarian, hiburan, perdagangan, dan makan.

Baca juga: Tablet Honor Pad 9 Resmi dengan Dukungan Stylus, Harga Mulai Rp 3 Jutaan

Baidu Map, Amap, Didi, Bilibili, Douyin, Youku, dan Alipay adalah beberapa aplikasi terpopuler yang didukung Magic Portal.

Honor mendemonstrasikan contoh menyeret dan melepaskan reservasi pemesanan dari aplikasi perjalanan ke aplikasi peta di ponsel untuk mendapatkan petunjuk arah ke tempat tersebut.

Pengguna juga bisa mengetuk gambar pakaian lalu menyeretnya ke samping untuk mencari di dalam aplikasi belanja, seperti dalam video di bawah.

MagicOS 8.0 juga memoerkenalkan fitur "shake-to-block advertisment" atau gestur menggoyangkan ponsel untuk memblokir atau menghilangkan iklan pop-up di ponsel.

MagicOS 8.0 juga menghadirkan opsi penyesuaian layar beranda baru, layar kunci yang dipersonalisasi, peningkatan kecepatan UI, dan disebut akan mengonsumsi lebih sedikit daya baterai, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Kamis (11/1/2024).

IUI Honor MagicOS 8.0 akan hadir pertama kali di lini flagship Honor Magic6 series yang akan dirilis dalam waktu dekat di China.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com