Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OpenAI Rilis GPT Store, Pengembang Bisa Pasarkan "ChatGPT" Versi Mereka Sendiri

Kompas.com - 11/01/2024, 12:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber OpenAI

KOMPAS.com - OpenAI resmi membuka toko aplikasi khusus untuk ChatGPT versi custom, bernama "GPT Store" pada Rabu (10/1/2024). GPT Store sendiri pertama kali diumumkan dalam acara kumpul-kumpul developer, OpenAI DevDeay, pada November 2023 lalu.

Seperti toko aplikasi yang kita kenal, GPT Store berperan sebagai tempat terpusat, di mana pengguna membagikan "link" ChatGPT versi custom untuk digunakan oleh pengguna lainnya.

ChatGPT sendiri memang memungkinkan pengguna untuk membuat "ChatGPT" versi mereka sendiri. Misalnya, untuk membuat prototipe produk, mengerjakan tugas yang lebih spesifik, dll.

Nah, ChatGPT yang dimodifikasi inilah yang disebut versi custom. Selama ini, pengguna hanya membagikan link ChatGPT versi kustom mereka secara online seperti di media sosial atau forum.

GPT Store kini bisa diakses lewat aplikasi atau situs resmi ChatGPT. Nantinya, kreator bisa mendapatkan uang berdasarkan engagement pengguna kepada ChatGPT kustom bikinannya.

Bikin GPT versi custom di GPT Builder

Untuk bisa membagikan ChatGPT versi custom, pengguna dapat memanfaatkan fitur GPT Builder yang tersedia di situs open.ai/chatgpt.

Fitur ini pertama kali diumumkan dalam acara DevDay pada November 2023. Semenjak itu, fitur GPT Builder bisa dinikmati dalam versi beta oleh pelanggan ChatGPT Plus dan Enterprise. Artinya, pengguna harus membayar biaya langganan untuk menikmati fitur GPT Builder.

Baca juga: Ketika ChatGPT Jadi Dokter Anak, Diagnosisnya Amburadul

Fitur GPT Builder bisa ditemukan dengan mengeklik "Explore" saat menggunakan ChatGPT di situs chat.openai.com

Lewat GPT Builder, pengguna bisa membuat ChatGPT kustom untuk tugas-tugas yang lebih spesifik, seperti membuat GIF, membuat prototipe produk dengan cepat, menganalisis postingan pengguna di jejaring sosial X/Twitter, merangkum dan membuat respons email, dan tugas-tugas lainnya.

Dengan tugas spesifik ini, pengguna tidak perlu repot-repot memberikan perintah yang terperinci saat menggunakan chatbot AI ChatGPT.

GPT Builder ini memiliki keunggulan di mana pengguna bisa membuat chabot AI dengan model bahasa besar seperti GPT-3.5 dan GPT-4 yang dikembangkan OpenAI. Jadi, pengguna tidak memerlukan pelatihan perangkat lunak apa pun untuk membuat GPT baru.

Yang pengguna perlukan hanyalah ide, koneksi internet dan keyboard untuk mengetiknya, serta berlangganan ChatGPT Plus atau Enterprise. GPT Builder akan mengurus sisanya.

Fitur ini ternyata menarik banyak minat dari pengguna berbayar ChatGPT. Pasalnya, OpenAI melaporkan sudah ada lebih dari 3 juta versi kustom dari ChatGPT yang dibuat dengan GPT Builder ini.

Di GPT Store, pengguna bisa mencari GPT kustom sesuai kebutuhan mereka. GPT Store punya daftar featured dan trending untuk memudahkan pengguna menemukan GPT kustom yang mungkin diminatinya. OpenAI Di GPT Store, pengguna bisa mencari GPT kustom sesuai kebutuhan mereka. GPT Store punya daftar featured dan trending untuk memudahkan pengguna menemukan GPT kustom yang mungkin diminatinya.
Di GPT Store, pengguna juga akan lebih mudah menemukan GPT versi custom yang mungkin sesuai dengan kebutuhannya. Pengguna tinggal mencari di kolom "search public GPTs".

GPT Store juga akan menampilkan GPT yang sedang tren di kalangan pengguna, dengan kategori DALL·E, penulisan, penelitian, pemrograman, pendidikan, dan gaya hidup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com