Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Belajar Bahasa Inggris pakai ChatGPT buat Anak-anak

Kompas.com - 15/12/2023, 16:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini proses pembelajaran bisa dilakukan di mana saja dengan berbagai media. Seperti pembelajaran era digital yang mengandalkan berbagai aplikasi. Salah satunya memanfaatkan aplikasi chatbot berbasis Artificial Intelligent (AI), seperti ChatGPT.

ChatGPT merupakan program chatbot AI (Artificial Intelligence) berbasis Language Model (model bahasa) yang dikembangkan OpenAI. ChatGPT berguna untuk menjawab atau menanggapi berbagai pertanyaan dan perintah pengguna.

Hal ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya bisa Anda manfaatkan untuk membantu proses pembelajaran bahasa Ingrris anak-anak. Melalui ChatGPT, pengguna bisa menggunakan perintah-perintah khusus yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Inggris. 

Lantas bagaimana cara belajar bahasa Inggris menggunakan ChatGPT untuk anak-anak? Selengkapnya beriukut ini ulasannya.

Baca juga: Sam Altman Ex-Bos ChatGPT Gabung Microsoft, Setelah Dipecat OpenAI

Cobalah praktik dengan prompt sederhana

Anak-anak bisa mencoba menulis perintah sederhana di ChatGPT menggunakan bahasa Inggris. Misalnya pertanyaan tentang cuaca, atau hari-hari dalam seminggu. Mereka juga bisa bertanya menggunakan pertanyaan acak yang nantinya akan dijawab dengan ChatGPT dengan luwes menggunakan bahasa Inggris.

Latihan tenses dan tata bahasa

ChatGPT merupakan chatbot yang bisa menjawab dengan luwes berbagai pertanyaan. Salah satunya dengan berlatih tenses dan grammar bahasa Inggris. Cobalah untuk menginstruksikan berbagai prompt terkait tenses bahasa Inggris dan pengecekan grammar sederhana.

Ajukan pertanyaan terkait tata bahasa (grammar) atau kosa kata (vocabulary) yang mungkin membingungkan Anda. Mintalah saran tentang cara menggunakan kata-kata atau frase tertentu.

Meningkatkan vocabulary (kosa kata)

Arahkan anak-anak untuk membuat perintah kosa kata bahasa Inggris. Misalnya dengan contoh perintah yang ditulis di ChatGPT seperti“Sebutkan macam-macam kosa kata dalam bahasa Inggris tentang Teknologi”.

Nantinya ChatGPT akan menampilkan berbagai kosa kata dalam bahasa Inggris yang bisa dipelajari anak-anak. Kosa kata ini bisa ditulis kembali maupun dikembangkan lagi menjadi berbagai kalimat. 

Cek grammar atau ejaan

Anak-anak bisa mencoba menuliskan kalimat dalam bahasa Inggris. Selanjutnya tambahkan perintah untuk mengoreksi kalimat dalam bahasa Inggris tersebut.

Misalnya dengan prompt “Cek grammar pada kalimat berikut ini”. Nantinya ChatGPT akan menampilkan kesalahan grammar pada kalimat yang dibuat. Hal ini bisa menjadi salah satu menjadi latihan menulis bahasa Inggris untuk anak-anak. 

Baca juga: Fitur ChatGPT Voice Digratiskan, Indonesia Sudah Kebagian

Demikian beberapa tips belajar bahasa Inggris menggunakan ChatGPT. Sebaiknya para orang tua maupun wali tetap mendampingi dan membimbing anak-anak dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com