Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan TV Neo QLED 8K dan 4K, Punya Prosesor AI Baru

Kompas.com - 11/01/2024, 19:09 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam ajang pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), Samsung memamerkan sederet televisi terbarunya. Salah satunya adalah Samsung Neo QLED yang bisa menampilkan gambar berkualitas 8K dan dibekali fitur kecerdasan buatan (AI).

Samsung Neo QLED terbagi dalam dua kategori utama berdasarkan kualitas visualnya, yaitu 8K dan 4K. Bila dilihat dari ukurannya, TV terkecil dari lini Neo QLED adalah 65 inci dan terbesar mencapai 98 inci.

Setiap modelnya juga dilengkapi fitur canggih, termasuk prosesor kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Berkat dukungan ini, TV Samsung bisa dihubungkan ke perangkat lainnya. Namun mekanisme integrasinya belum dijelaskan perusahaan. 

"AI screen di Samsung TV, yang digerakkan oleh teknologi AI on-device, dirancang untuk menjadi pusat yang menghubungkan semua perangkat di rumah pengguna," kata SW Yong, President and Head of Visual Display Business,Samsung Electronics dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Kamis (11/1/2024).

Samsung Neo QLED 8K

Neo QLED 8K hadir dalam dua model, meliputi QN800D dan QN900D dengan ukuran layar 65 inci sampai 85 inci. Keduanya dilengkapi prosesor AI yang disebut NQ8 AI Gen3.

Menurut Samsung, dukungan itu membuat TV Samsung punya mesin AI yang tertanam di perangkat, sehingga kecepatannya dua kali lebih cepat dibanding pendahulunya.

Baca juga: Samsung Ungkap Visi AI for All, Kecerdasan Buatan untuk HP hingga Rumah Tangga

Prosesor itu juga membuat TV Neo QLED 8K memiliki serangkaian fitur pintar, termasuk AI Upscaling Pro yang membuat konten HD menjadi setara 4K.

Selain itu, tampilan konten seperti game atau tayangan olahraga juga akan terlihat lebih tajam berkat AI Motion Enhancer Pro. Misalnya saat menonton sepak bola, bola yang ditampilkan dalam pertandingan olahraga akan terlihat lebih jelas di layar, tidak lagi buram.

Perbandingan fitur AI Motion Enhancer dengan AI Motion Enhancer Pro di TV Samsung Neo QLED 8K 2024Samsung Perbandingan fitur AI Motion Enhancer dengan AI Motion Enhancer Pro di TV Samsung Neo QLED 8K 2024
Ada pula fitur Real Depth Enhancer Pro, peningkatan dari Real Depth Enhancer sebelumnya yang akan meningkatkan detail dan kontras objek di layar, sembari tetap mempertahankan detail background.

Model QN900D juga mendukung refresh rate sampai 240 Hz, sehingga bisa menunjang permainan game dengan resolusi yang mulus.

Baca juga: Ponsel Samsung Ini Bisa Dilipat Bolak-balik

Samsung Neo QLED 4K

Neo QLED 4K juga hadir dalam dua model, meliputi QN90D dan QN85D. Masing-masing punya ukuran 98 inci dan 55 inci, seperti pendahulunya QN90C dan QN85C.

Neo QLED 4K dilengkapi dengan prosesor Neural Quantum yang diperbarui, peningkatan 4K serta fitur AI Real Depth Enhancer Pro seperti Neo QLED 8K.

Sayangnya Samsung belum begitu merinci fitur yang melengkapi Neo QLED 4K. Harga dari Samsung Neo QLED baik 8K maupun 4K juga belum diungkapkan. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com