Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menghitung Rata-rata di Microsoft Excel, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 13/01/2024, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft Excel atau biasa disebut dengan Excel saja, merupakan aplikasi yang dibekali dengan bermacam-macam fitur pengolah data angka. Di Excel, pengguna bisa melakukan berbagai operasi hitung, termasuk menghitung nilai rata-rata dari kumpulan data.

Dengan adanya kemampuan itu, pengguna perlu kiranya mengetahui cara menghitung nilai rata-rata di Excel. Cara itu cukup berguna untuk membantu pengguna dalam berbagai hal seperti menghitung rata-rata nilai rapor atau menghitung rata-rata pendapatan.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Workbook dii Microsoft Excel dengan Mudah

Lantas, bagaimana cara menghitung rata-rata di Excel? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara menghitung rata- rata di Excel dengan mudah dan praktis.

Cara menghitung rata-rata di Excel

Cara menghitung rata-rata di Excel itu cukup mudah. Untuk menghitungnya, pengguna sejatinya tinggal memasukkan rumus rata-rata di Excel dengan tepat. Untuk diketahui, rumus rata-rata di Excel adalah “=Average” (tanpa tanda kutip).

Rumus rata-rata di Excel itu nantinya disandingkan dengan data untuk memulai penghitungan. Adapun penjelasan cara menghitung rata-rata di Excel adalah sebagai berikut.

1. Cara menghitung rata-rata di Excel dengan memasukkan data secara manual

Cara yang pertama, pengguna bisa menghitung rata-rata di Excel dengan memasukkan rumus dan data secara manual satu per satu dengan format seperti ini “=Average(number1;number2;number3;dan seterusnya)”.

Adapun cara menghitung rata-rata di Excel dengan memasukkan data secara manual menggunakan rumus itu adalah sebagai berikut:

  • Buka Microsoft Excel dan siapkan data yang hendak dihitung, misalnya nilai 50, 65, 70, 80, 65, 75, 60, dan 50.
  • Kemudian, masukkan rumus ini “=Average(50;65;70;80;65;75;60;50)” (tanpa tanda kutip). Pastikan tiap data dipisah menggunakan tanda “;”.
  • Setelah itu, tekan Enter dan nilai rata-rata dari data tersebut bakal disajikan.

Ilustrasi cara menghitung rata-rata di Excel dengan memasukkan data secara manual.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghitung rata-rata di Excel dengan memasukkan data secara manual.

2. Cara menghitung rata-rata di Excel dengan memasukkan data dari rentang tertentu

Cara menghitung rata-rata di Excel yang kedua adalah pengguna bisa memasukkan rumus dan data dari rentang baris atau kolom tempat data tersebar. Formatnya adalah seperti ini “=Average(rentang data)”.

Adapun cara menghitung rata-rata di Excel dengan memasukkan data dari rentang tertentu menggunakan rumus itu adalah sebagai berikut:

  • Buka Microsoft Excel dan siapkan data yang hendak dihitung, misalnya nilai 50, 65, 70, 80, 65, 75, 60, dan 50.
  • Lihat data tersebut tersebar dari cell (kotak) nomor berapa sampai nomor berapa, misalnya D6 hingga D13.
  • Selanjutnya, masukan rumus “=Average(D6:D13)” (tanpa tanda kutip).
  • Kemudian, tekan Enter dan nilai rata-rata dari data tersebut bakal disajikan.

Ilustrasi cara menghitung rata-rata di Excel dengan memasukkan data dari rentang tertentu.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghitung rata-rata di Excel dengan memasukkan data dari rentang tertentu.

Baca juga: 30 Shortcut Microsoft Excel serta Fungsinya yang Sering Dipakai di Mac

3. Cara menghitung rata-rata di Excel secara otomatis

Cara yang ketiga, pengguna bisa menghitung rata-rata di Excel secara otomatis tanpa harus memasukkan data atau rumus secara manual. Adapun penjelasan cara menghitung rata-rata di Excel secara otomatis adalah sebagai berikut:

  • Buka Microsoft Excel dan siapkan data yang hendak dihitung, misalnya nilai 50, 65, 70, 80, 65, 75, 60, dan 50.
  • Blok atau seleksi semua data tersebut.
  • Setelah itu, pada menu “Home”, klik ikon sigma (∑) dan pilih opsi “Average”.
  • Terakhir, nilai rata-rata dari data tersebut bakal disajikan secara otomatis.

Ilustrasi cara menghitung rata-rata di Excel secara otomatis.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghitung rata-rata di Excel secara otomatis.

4. Cara menghitung rata-rata di Excel dengan kriteria tertentu

Cara yang keempat, pengguna bisa menghitung rata-rata di Excel dengan kriteria data tertentu. Misalnya, pengguna bisa mencari rata-rata dari nilai yang di atas 50.

Jika hendak menghitung rata-rata dengan kriteria seperti itu, rumusnya adalah “=Averageif(range;">nilai data tertentu")” (tanpa tanda kutip). Adapun cara menghitung rata-rata di Excel dengan rumus tersebut adalah sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com