Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Feiyu Scorp 2 Masuk Indonesia, Gimbal dengan AI untuk Kamera Mirrorless

Kompas.com - 16/01/2024, 10:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Feiyu beberapa waktu lalu merilis handheld gimbal stabilizer bernama Scorp 2. Produk tersebut kini telah resmi dipasarkan di Indonesia lewat PT Denka Pratama Indonesia selaku distributor resminya.

Salah satu fitur andalan Feiyu Scorp 2 selaku gimbal yang dirancang untuk digunakan dengan kamera adalah penerapan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI).

AI di Feiyu Scorp 2 memungkinkan pelacakan subyek alias tracking secara otomatis. Tracking bisa langsung dilakukan oleh gimbal tanpa perlu menggunakan aplikasi ataupun aksesori tambahan.

Baca juga: Kamera Teropong Yashica Vision Bisa Melihat dalam Gelap

Berkat penerapan AI, Feiyu Scorp 2 juga mampu mengenali gestur berbasis gerakan tangan. Misalnya gestur "OK" untuk mengaktifkan AI tracking. Gimbal pun setelahnya akan otomatis mengarahkan kamera mengikuti ke mana subyek bergerak.

Ilustrasi handheld gimbal stabilizer Feiyu Scorp 2Feiyu Ilustrasi handheld gimbal stabilizer Feiyu Scorp 2
Selain itu terdapat sejumlah gestur gerakan tangan lainnya seperti "Spread Palm" alias membentangkan tangan untuk menekan tombol shutter, dan gerakan dua ibu jari ke arah berlawanan untuk menghentikan tracking.

Unit gimbal sendiri mampu melakukan stabilisasi di tiga sumbu (3-axis). Bobotnya 1.070 gram dengan ukuran fisik 257 x 71 x 260 mm ketika dilipat dan 250 x 152 x 306 saat sedang digunakan dalam posisi balancing.

Baca juga: Insta360 Ace dan Ace Pro Meluncur, Duo Kamera Aksi Pesaing GoPro

Ilustrasi handheld gimbal stabilizer Feiyu Scorp 2Feiyu Ilustrasi handheld gimbal stabilizer Feiyu Scorp 2
Feiyu turut membekali gimbal ini dengan layar sentuh OLED berukuran 1,3 inci serta baterai berkapasitas 2.500 mAh yang turut mendukung fast charging 18 watt via USB C sehingga diklaim bisa diisi penuh dalam waktu 1,6 jam.

Gimbal Feiyu Scorp 2 dirancang untuk kamera mirrorless dan DSLR ringan dengan bobot maksimal 2,5 kg. Daftar kamera yang kompatibel bisa dilihat di situs Feiyu di tautan berikut.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (16/1/2024), Feiyu Scorp 2 sudah bisa dibeli di Indonesia mulai 15 Januari 2024.

Untuk harganya, Feiyu Scorp 2 dipasarkan dalam paket standar seharga Rp 4,8 juta. Selain itu ada paket lain seharga Rp 5,2 juta berisi kit yang mencakup sejumlah aksesori seperti extension rod, expandable module, dan storage bag.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com