Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DJI Rilis Ronin 4D-8K, Kamera Sinema 8K dengan Gimbal dan LiDAR

Kompas.com - 16/12/2023, 10:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber DPReview

KOMPAS.com - Pabrikan DJI baru saja memperkenalkan Ronin 4D-8K. Produk ini merupakan kamera sinema all-in-one yang menyatukan semua komponen dalam satu paket, mulai dari bodi kamera, lensa, storage, handle, monitor, hingga gimbal.

Ronin 4D-8K sebenarnya tidak benar-benar baru karena merupakan kelanjutan dari Ronin 4D-6K yang diluncurkan pada Oktober 2021. Perbedaannya terletak pada unit kamera bergimbal Zenmuse X9-8K yang kini sanggup merekam video hingga resolusi 8K 75 fps.

Unit kamera di Ronin 4D terdahulu yang mulai dijual pada Desember 2021 memang hanya bisa merekam video hingga resolusi 6K 60 fps atau 4K 120 fps. Versi 8K dari Ronin 4D ketika itu hanya disebut bakal "menyusul". Kini, dua tahun kemudian, DJI telah memenuhi janjinya.

Baca juga: DJI Osmo Pocket 3 Resmi, Punya Sensor 1 Inci dan Layar Putar

Di luar unit kamera yang lebih baru, fitur-fitur Ronin 4D-8K masih identik dengan sebelumnya. Gimbal terintegrasinya yang dicomot dari teknologi gimbal drone DJI sanggup mengompensasi goyangan di 4 sumbu (axis).

Unit kamera gimbal Zenmuse X9-8K bisa dibeli terpisah sebagai upgrade Ronin 4D sebelumnya.DJI Unit kamera gimbal Zenmuse X9-8K bisa dibeli terpisah sebagai upgrade Ronin 4D sebelumnya.
DJI turut menanamkan rangefinder berbasis teknologi LiDAR (Light Detection and Ranging) untuk keperluan autofokus. Dengan LiDAR, kamera sanggup melacak fokus di kondisi gelap sekalipun, serta bisa mengubah lensa manual focus menjadi autofokus.

Fitur-fitur selebihnya juga ikut dipertahankan, termasuk sembilan buah ND filter terintegrasi untuk penyesuaian mulai ND2 hingga ND512, serta kemampuan merekam ke SSD lewat USB C, ke CFExpress Tipe B lewat slot kartu memori, atau ke DJI ProSSD 1 Tb yang sudah termasuk dalam paket penjualan.

Unit kamera bergimbal Zenmuse Z9-8K sendiri mendukung perekaman full-frame hingga 8K/ 60 fps dengan rasio 17:9 dan 8K/ 75 fps dengan rasio 2.39:1. Mounting lensanya bersifat intechangeable serta mendukung mount DL DJI, Leica L, Leica M, Sony E, ARRI PL, dan lainnya.

Satu paket combo DJI Ronin 4D-8K berisi bodi 4D, unit kamera Zenmuse X9-8L, SSD 1 TB, lensa DJI 17-28 mm T3.0, rangefinder LiDAR, baterai TB50, monitor, handle, serta serangkaian aksesori lain. Harganya dipatok sebesar 12.838 dollar AS (sekitar Rp 200 juta).

Baca juga: Drone Mungil DJI Mini 4 Pro Masuk Indonesia, Ini Harganya

Pemilik Ronin 4D terdahulu juga dapat melakukan upgrade dengan membeli unit kamera Zenmuse X9-8K saja, yang dibanderol seharga 3.599 dollar AS (sekitar Rp 56 juta), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari DPReview, Sabtu (16/12/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com