Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Ookla: Telkomsel Operator Seluler Terkencang Indonesia Kuartal IV-2023

Kompas.com - 20/01/2024, 11:06 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Speedtest

KOMPAS.com - Telkomsel kembali dinobatkan sebagai operator seluler paling kencang di Indonesia. Setidaknya begitu menurut hasil riset terbaru perusahaan penyedia layanan uji kecepatan internet, Ookla, untuk periode Oktober-Desember 2023 atau kuartal IV-2023.

Dalam laporan tersebut, Telkomsel tercatat memiliki kecepatan unduh (download) rata-rata sebesar 31,14 Mbps.

Sebelumnya di laporan Ookla untuk kuartal III-2023, Telkomsel juga menjadi operator seluler terkencang dengan kecepatan yang sedikit lebih rendah, yaitu 31,04 Mbps.

Nah, seperti disebutkan tadi, hasil riset terbaru Ookla ini membuat Telkomsel berada di peringkat pertama, melampaui operator lain yang beroperasi di Indonesia untuk kuartal IV-2023.

Setelah Telkomsel, peringkat kedua diduduki oleh XL Axiata dengan kecepatan 20,77 Mbps, diikuti dengan Indosat Ooredoo (IM3) dengan kecepatan 20,31 Mbps.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah rincian kecepatan unduh rata-rata dari operator seluler di Indonesia di kuartal IV-2023 versi Ookla:

Baca juga: Paket Internet Umroh Telkomsel Kini Punya Kuota sampai 20 GB

  • Telkomsel: 31,14 Mbps
  • XL Axiata: 20,77 Mbps
  • Indosat Ooredoo
  • IM3: 20,31 Mbps
  • Tri: 19,95 Mbps
  • Smartfren 18,76 Mbps

Telkomsel unggul di angka latensi

Selain kecepatan download, Telkomsel juga masih unggul dalam angka latensi (latency). Latensi biasanya menjadi ukuran untuk melihat seberapa lama suatu data dikirimkan. Semakin rendah latensi, maka semakin baik.

Ringkasnya, semakin rendah atau kecil angka latensi sebuah internet, proses pengiriman data akan semakin baik dan cepat, atau bisa juga disebut dengan minim hambatan.

Nah, berdasarkan laporan terbaru Ookla di kuartal IV-2023, angka latency Telkomsel paling rendah dibanding empat operator lainnya, yakni 45 ms.

Posisi kedua disusul oleh Tri dengan nilai latensi 49 ms, Indosaat Ooredoo 50 ms, XL di angka 55 ms, dan terakhir Smartfren 59 ms.

Daftar angka latency operator seluler di Indonesia untuk kuartal IV-2023 versi Ookla adalah sebagai berikut:

Baca juga: Natal dan Tahun Baru, Trafik Telkomsel Naik berkat Medsos dan Video Call

  • Telkomsel: 45 ms
  • Tri: 49 ms
  • Indosat Ooredoo: 50 ms
  • XL Axiata: 55 ms
  • Smartfren: 59 ms

Kecepatan internet seluler Indonesia ke-97 dunia

Terkait laporan Ookla ini, secara keseluruhan, kecepatan internet seluler di Indonesia kini berada di peringkat 97 ke dunia, naik satu peringkat dari periode sebelumnya.

Di akhir kuartal III-2023 (September), kecepatan internet seluler Tanah Air berada di peringkat ke 98.

Ookla mencatat kecepatan download rata-rata internet seluler di Indonesia untuk periode akhir tahun kemarin mencapai 24,96 Mbps, sedangkan kecepatan unggah (upload) mencapai 13,20 Mbps.

Adapun latency rata-rata internet selulre di Indonesia berkisar di angka 26 ms, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Speedtest.net, Jumat (19/1/2024).

Laporan Ookla mengenai kecepatan internet di Indonesia untuk kuartal IV-2023 bisa dibaca secara lengkap di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com