Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Internet di HP, Mudah

Kompas.com - 07/01/2024, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pemakaian WiFi untuk mengakses internet di HP (handphone) tak selamanya berjalan lancar. Ada kalanya pengguna menjumpai salah satu masalah yang umum terjadi, yakni WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di HP.

HP yang sudah terhubung WiFi normalnya bisa langsung dipakai mengakses internet. Namun, dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja mengalami kesulitan mengakses internet di HP, walaupun perangkat tersebut telah tersambung WiFi.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Tersambung padahal Password Benar

Saat masalah tersebut terjadi, pengguna mungkin bakal kerepotan. Namun, pengguna tak usah khawatir saat mengalami masalah WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan. Pasalnya, terdapat cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet di HP.

Lantas, bagaimana cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet di HP? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet di HP.

Penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di HP

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya untuk memahami dulu penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di HP. Lantas, kenapa WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di perangkat?

Ada banyak penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di HP. Adapun salah satu penyebab yang paling umum adalah terdapat gangguan pada sistem router sebagai perangkat untuk membagikan WiFi.

Kemudian, penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di HP juga bisa ditimbulkan karena gangguan yang terdapat pada sistem HP itu sendiri.

Selain itu, penyebabnya juga bisa datang dari gangguan pada penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP). Itulah beberapa penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di HP.

Gangguan-gangguan yang membuat WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di HP tersebut pada dasarnya bisa diatasi secara mandiri oleh pengguna dengan mudah dan praktis.

Setelah memahami penyebab tersebut, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai beberapa cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet di di HP dengan mudah dan praktis.

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet di HP

Ada beberapa cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet di HP. Adapun cara umum yang dapat dilakukan adalah dengan restart router. Cara ini dilakukan untuk menyegarkan kembali sistem perangkat router yang mengalami gangguan.

Kemudian, pengguna juga bisa memilih channel WiFi yang tidak ramai, sehingga dapat mengakses internet di perangkat dengan lancar. Adapun beberapa cara mengatasi WiFi terhubung tapi ada internet di HP adalah sebagai berikut.

1. Matikan dan hubungkan kembali WiFi pada HP

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet di HP yang pertama adalah dengan mematikan dan menghubungkan kembali WiFi pada HP.

Pengguna bisa mematikan sejenak sambungan WiFi yang ada di HP. Kemudian, tunggu beberapa saat, lalu aktifkan kembali koneksi WiFi pada HP. Setelah itu, coba lagi untuk menghubungkan HP dengan koneksi WiFi dari perangkat router.

Tindakan ini dapat menyegarkan kembali sistem yang terganggu saat proses menghubungkan WiFi dan HP.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com